Holi Festival di India merupakan perayaan tahunan kebuadayaan yang dirayakan umat hindu di India dengan penuh kemeriahan. Festival warna ini dirayakan dalam menyambut musim semi sebagai pengharapan kepada dewa untuk hasil panen yang baik serta kehidupan yang lebih baik ditahun ini juga perayaan kemenangan. Perayaannya dimeriahkan dengan menebarkan serbuk air dan bubuk warna-warni dengan cara dioles, dilempar bahkan menggunakan pistol air. Simak selengkapnya terkait Holi Festival 2020 di  #CeritaPasspod yuk!

Waspada Corona di India saat Perayaan Holi

Hasil gambar untuk corona di india holi

Ditengah kewaspadaan serta kekhawatiran akan virus corona, salah satu cara pencegahannya menurut para ahli adalah dengan membatasi bepergian ke tempat ramai. Sementara Holi Festival merupakan perayaan dimana masyarakat berkumpul bersama-sama untuk memeriahkan perayaan budaya ini. Terlebih, di India sudah terdapat kurang lebih 31 kasus positif virus corona yang harus dijadikan perhatian untuk waspada.

Himbauan Pemerintah India akan perayaan Holi

Passpod, Traveling, India, Corona, Modi
Source : dunia.rmol.id

Perdana Menteri India, Narendra Modi mengatakan bahwa beliau absen mengikuti perayaan festival terbesar di India, Holi, sebagai bentuk pencegahan terinfeksi virus corona. Hal tersebut dinyatakan pada cuitannya di twitter @narendramodi. Kementerian Kesehatan India pun juga telah mengeluarkan himbauan agar masyarakat menghindari partisipasi dalam pertemuan besar dalam peringatan bahaya virus, dan berharap semua orang “Selamat dan Aman dalam Holi”.

Passpod, Traveling, India, Coroan
Source : Daily News – India

Perayaan Holi Festival 2020 di India

Passpod, India, Holi, Holi Festival Corona
Source : Tempo

Pasar di India terlihat sepi tidak seperti biasanya. Beberapa pedagang bubuk di India juga mengeluhkan penjualan bubuk yang menurun dan merugi akibat kabar hoax bubuk yang diimpor dari China (negara awal virus Corona muncul). Meskipun begitu, antusiasme masyarkat India sangat besar untuk tetap merayakan perayaan Holi Festival dengan meriah dan penuh sukacita.

Passpod, Traveling, Corona, Holi Festival Corona
Source : City Spidey

Masyarakat India mengaku tidak ingin Festival Holi terhenti hanya karena virus Corona. Tidak seramai tahun sebelumnya, namun perayaan Holi di India tetap dirayakan meriah sebagai bentuk suka cita akan perayaan budaya. Seperti masyarakat di Desa Nandgaon, Uttar Pradesh yang merayakan tradisi lebih awal hingga masyarakat di pinggiran kota Mumbai yang membuat patung raksasa virus corona kemudian membakarnya, sebagai bentuk pengharapan agar wabah virus corona cepat pergi dan membaik bagi masyarakat diseluruh dunia. Perayaan Holi tetap dirayakan penuh suka cita dan kebahagian oleh masyarakat India sebagai bentuk rasa syukur. Holi Festival 2020 tetap dirayakan dengan penuh pengharapan akan kehidupan lebih baik di tahun ini.

https://www.youtube.com/watch?v=ADXjTgeRuDY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *