Wow tidak terasa sebentar lagi mendekati perayaan Imlek nih guys. Untuk perayaan imlek tahun ini apa saja nih yang sudah kamu persiapkan? Seperti merancanakan traveling gitu misalnya? Hihi pasti perayaan imlek terasa menyenangkan jika kamu rayakan bersama orang-orang tersayang ya. Ngomongin soal imlek nih, ternyata di beberapa negara terdapat tradisi serta kebiasaan yang berbeda loh, meskipun dalam garis besarnya sama-sama merayakan tahun baru china ya. Wanna know more? Keep scrolling~

China

Passpod, Imlek, Tahun baru china
Source : Tribun

Tahun baru imlek tentunya menjadi perayaan penting bagi masyarakat china. Perayaan imlek dilangsungkan untuk menghormati serta menghargai leluhur china. Tradisi imlek biasanya dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga dengan makan malam bersama serta momen kebersamaan lainnya. Tentunya tradisi penting dan seru lainnya ialah bagi-bagi angpao juga melihat pertunjukan barongsai hihi merupakan hal yang banyak ditunggu-tunggu nih!

Korea Selatan

Passpod, Korea, Lunar New Year
Source : Fokusasiatravel

Seollal merupakan sebutan perayaan imlek di Korea. Dimana momen imlek dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga sebagai bakti dan penghormatan kepada orang tua juga leluhur. Selain itu Seollal juga dimeriahkan dengan menggunakan pakaian tradisional Korea (Hanbok), bermain permainan tradisional, berkunjung ke kuil, hingga menikmati kuliner Tteokguk (Korean ice cake soup) juga cemilan Jeon dan Galbi Jjim.

Hong Kong 

Passpod, Hong Kong
Source : Hulutrip

Perayaan Imlek di Hong Kong dimeriahkan dengan pertunjukan budaya Tiongkok lengkap dengan pesta kembang api. Kemeriahannya berlangsung selama 2 minggu terhitung dimana puncaknya dirayakan dengan Festival bulan purnama. Warga Hong Kong juga punya tradisi unik menyiapkan bunga sebagai hiasan di rumah mereka.

Kalo di Macau, meskipun wilayahnya berdekatan dengan Hong Kong, ternyata terdapat tradisi unik berupa kebijakan libur selama 5 hari saat perayaan tahun baru china. Wow lumayan bisa dimanfaatkan untuk traveling juga~

PasspodVietnam

Hasil gambar untuk vietnam lunar new year"

Kalo di Vietnam, perayaan tahun baru china disebut “Tet”. Dimana Tet dirayakan selama 3 hari hingga seminggu dengan makna yang sama sebagai bentuk penghormatan untuk leluhur. Sebagai bentuk pengharapan keberuntungan dalam satu tahun kedepan, warga Vietnam punya tradisi berkunjung ke rumah-rumah keluarga, teman juga tetangga. Mereka percaya bahwa tamu pertama menentukan keberuntunganmu, maka dari itu warga Vietnam mengundang orang-orang baik berkunjung kerumah mereka.

Gak hanya itu, keberuntungan juga dipercaya datang dari makanan. Banyak pilihan makanan mulai dari makan serta minum mut,  banh chung, mang juga makan sajian Mam Ngu Qua.

Filipina

Passpod, Chinese New Year, Imlek
Source : Shopback.com

Bagi etnis Tionghoa di Filipina, punya tradisi unik sendiri nih dalam merayakan Imlek. Dimana salah satu tradisinya adalah memberikan kue bulan, kue beras juga kue keranjang pada orang lain. Warga Filipina juga menyambut perayaan tahun baru china dengan membuat dekorasi yang digantung di atas rumah berupa 8 buah bulat seperti anggur, apel, jeruk dan lainnya. Sama seperti perayaan Imlek pada umumnya, di Filipina juga ada pesta kembang api, bagi-bagi angpao juga penampilan barongsai.

Bagaimana rencan perayaan imlek kamu tahun ini guys? Semoga menambah kebahagian serta suka cita untuk kita semu ya! Tentunya dengan kegiatan berkumpuk dengan orang yang kalian sayangi. Gong Xi Fat Cai~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *