LOADING

Type to search

Lifestyle

9 Tips Sukses Dapatkan & Raih Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Share
Passpod, Beasiswa, Traveling

#CeritaPasspod kali ini mau kasih tau kamu info berupa tips dapat beasiswa di luar negeri nih guys. Kuliah di luar negeri merupakan sebuah impian bagi banyak orang untuk meraih prestasi serta mengejar cita-cita. Apalagi kalo kamu bisa kuliah di luar negeri secara gratis melalui beasiswa, wah bahagia banget pastinya dan merupakan suatu kebanggaan ya. Gimana sih tips sukses kamu bisa dapatkan beasiswa di luar negeri? Cari tau di #CeritaPasspod kali ini ya!

Cari informasi beasiswa

Banyak informasi beasiswa keluar negeri yang bisa kamu dapatkan. Bisa kamu cari lewat internet melalui forum-forum diskusi, info dari organisasi penyalur beasiswa atau situs resmi universitas yang ingin kamu tuju. Bisa juga dengan menanyakan pada pihak institusi kamu terkait rekomendasi beasiswa keluar negeri dari sekolah/kampusmu, yang tentunya akan membantu peluang penerimaan lebih besar. Misalnya seperti mencari informasi pada bagian akademik sekolah/kampus atau bahkan melalu guru juga dosen.

Passpod, Beasiswa

Source : nktv

Kamu juga bisa mencari informasi dari senior atau rekan kamu yang punya pengalaman kuliah diluar negeri. Biasanya mereka yang memang menuntut ilmu diluar negeri, lebih tau informasi detail terkait registrasi perkuliahan sesuai dengan pengalaman sendiri. Apalagi jika tempat mereka berkuliah diluar negeri, merupakan kampus dengan beasiswa yang kamu incar. Jadi, coba cari informasi beasiswa sebanyak-banyaknya ya

Buat daftar pilihan universitas, jurusan serta beasiswa yang diminati

Buat daftar mulai dari pilihan universitas, jurusan serta jenis beasiswa dan kualifikasi yang kamu minati. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dan kamu pikirkan matang-matang dalam menentukan hal ini. Pastikan kamu memilih jurusan yang sesuai dengan potensi dan minat kamu. Dalam memilih universitas, pastikan juga kamu mencari tau bagaimana budaya serta living cost di negara universitas yang kamu pilih. Peran serta keterlibatan orang tua juga penting dalam menentukan, karena kamu akan tinggal jauh dari mereka selama berkuliah diluar negeri.

Passpod, List Universitas

Source : Unsplash – andrewtneel

Dengan mengetahui pilihan universitas serta jurusan yang kamu ingin tuju dan minati, akan memudahkan kamu mencari tau proses penerimaan beasiswa untuk universitas tersebut. Cari semua kemungkinan penawaran beasiswa yang ada, sesuaikan kualifikasi dan apa saja yang harus kamu persiapkan. Buat list semua kemungkinan jenis beasiswa serta tes yang bisa kamu ikuti untuk melamar ke jurusan serta universitas yang kamu impikan.

Latih kemampuan berbahasa inggris

Passpod, Toefl

Source : Popbela

Bahasa inggris yang digunakan sebagai bahasa internasional, merupakan bekal penting untuk kamu dapat menguasainya selama diluar negeri. Tentunya penggunaan bahasa inggris juga bahasa asing untuk percakapanmu sehari-hari. Kamu bisa coba melatih kemampuan bahasa inggris dengan mempelajari kosakata juga mengikuti kursus. Hal lain bisa kamu coba dengan membaca buku atau novel berbahasa inggris, juga menonton film berbahasa inggris dengan tidak menggunakan subtitle. Kamu bisa berlatih sedikit demi sedikit untuk menguasainya dengan cepat. Pelajari juga grammar dalam bahasa inggris dan uji kemampuanmu melalui tes TOEFL

Pilih negara dengan jumlah pelamar lebih sedikit

Passpod, College

Source : The Conversation

Merupakan tips yang cukup sukses untuk bisa diterapkan dalam pengajuan beasiswa keluar negeri. Sama halnya dengan daftar kuliah di Perguruan Tinggi Indonesia, kamu harus memperharikan kuota penerimaan serta banyaknya peminat dalam jurusan dan universitas yang kamu tuju. Sebaiknya pilih universitas serta jurusan dengan peminat yang tidak terlalu tinggi agar peluang kamu diterima bisa lebih besar.

Buat motivation letter yang menjanjikan

Passpod, Scholarship

Source : Scholarshipowl

Motivation letter merupakan salah satu syarat penting dalam pengajuan beasiswa ke luar negeri. Tips untuk membuat motivation letter salah satunya adalah kamu harus mampu menceritakan siapa diri kamu secara unik. Baiknya hindari pernyataan umum seperti “ingin mendapat pengalaman baru”, “ingin merasakan budaya baru” dan lainnya. Kamu bisa menceritakan apa motivasi kamu dalam meraih beasiswa dan sebesar apa motivasi kamu dalam menggapainya. Dalam motivation letter, kamu sebagai pelamar harus meyakinkan admission officer beasiswa bahwa kamu layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Oiya, motivation letter ditulis menggunakan bahasa inggris ya. Jadi pastikan kamu menguasai bahasa inggris dengan baik.

PasspodPrestasi akademik dan non akademik

Passpod, Prestasi akademik, Prestasi non akademik

Source : tide1029.com

Selain persiapan administrasi, tentunya prestasi kamu baik akademik maupun non akademik juga penting loh! Gak bergantung pada akademik saja, prestasi non akademik juga harus kamu miliki. Kamu harus mempersiapkan pengalaman organisasi atau prestasi diluar akademik lainnya yang bisa menjadi nilai plus. Tentunya hal tersebut menunjukan bahwa kamu aktif untuk mengasah minat, bakat dan mampu membuatmu peka akan lingkungan serta cara kamu beradaptasi dengan orang lain. Termasuk modal penting sebagai penilaian, apalagi kamu akan menuntut ilmu di negeri orang. Prestasi non akademik bisa berupa pengalaman menjadi relawan, prestasi olahraga, kesenian dan lainnya sebagai suatu kelebihan kamu.

Surat Rekomendasi

Passpod, Scholarship

Source : Gbtraining

Nah dalam mengajukan beasiswa kamu bisa juga mencantumkan surat rekomendasi ke beasiswa universitas yang kamu tuju. Dimana surat rekomendasi berisi pernyataan dari orang kepercayaamu untuk menarik perhatian admission officer beasiswa tujuanmu. Surat rekomendasi biasanya dibuat oleh orang yang kamu percaya dan paham akan potensi dalam diri kamu serta mengenalmu dengan baik. Baiknya ditulis secara spesifik untuk menunjukan bahwa si penulis mengenal kamu dengan baik dengan segala potensi dan kemampuan yang kamu punya. Namun tentunya pernyataan yang disampaikan harus dapat dipertanggung jawabkan ya. Biasanya surat rekomendasi dibuat oleh sosok guru atau pihak sekolah yang mengenalmu dengan baik, mengetahui perkembangan kamu selama proses belajar.

Segera daftar program beasiswa dan lengkapi persyaratannya!

Hasil gambar untuk college students"

Jika kamu sudah mengetahui semua persyatan dan sudah melengkapinya segera lah mendaftar! Pastikan kamu mendaftar lebih awal dan tidak mepet dari tanggal deadline. Hal tersebut menunjukan bahwa kamu mempunyai persiapan yang baik. Siapkan dokumen untuk apply beasiswa kuliah di luar negeri yang diperlukan sebaik-baiknya sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Misalnya seperti CV, surat rekomendasi, motivation letter serta bukti prestasi yang kamu miliki harus disusun secara lengkap dan rapi. Siapkan semua persyaratan yang dibutuhkan untuk dapat lanjut ke tahap selanjutnya yaitu tes.

Persiapan tes yang matang

Passpod, Scholarship

Source : Irishexaminer

Setelah semua persayaratan telah kamu siapkan, nah perjuanganmu yang sebenarnya dimulai! Selain bergantung pada data yang telah kamu lengkapi, penerimaan beasiswamu pun bergantung pada hasil tes-mu. Jadi pastikan kamu telah belajar untuk mempersiapkan tes beasiswa ini. Biasanya tes yang diujikan berupa Tes Scholastic Aptitude Test (SAT); matematika, bahasa inggris, bahasa inggris dan psikotes, juga  American College Testing (ACT) bagi kamu yang memiliki peminatan di bidang sains untuk mengikuti tes tersebut.

Selain tes tertulis, tahap selanjutnya ialah interview. Jangan panik dan gugup dalam menghadapi pertanyaan yang diberikan. Kamu hanya perlu menyiapkan jawaban dengen pernyataan yang yakin. Baiknya kamu pun juga melatih persiapan interview, sama seperti kamu belajar menghadapi tes tertulis. Biasanya pertanyaan yang diajukan seputar apa yang kamu tau tentang jurusan dan universitas yang kamu pilih, motivasi dan alasan serta perubahan atau inovasi apa yang nantinya akan kamu lakukan setelah kamu menjadi seorang sarjana. Pada tahap interview, sering kali kamu dihadapkan dengan study case yang menuntut kamu bisa berpikiran dengan cepat secara rasional dengan jawaban yang cerdas. Semua rangkaian tes menggunakan bahasa inggris ya. Pastikan persiapkan dengan baik rangkaian tes untuk dapat meraih beasiswa-mu ya!

Bagaimana gengs? Semoga semakin membuat kamu semangat untuk meraih cita-cita beasiswa kuliah di luar negeri ya. Semangat ya, kamu pasti bisa! 🙂

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *