Hai Sobat Passpod!

Selamat Hari Nyepi Tahun 1941 Saka ya untuk kamu yang merayakannya 🙂 Nah bertepatan dengan perayaan nyepi ini, #CeritaPasspod mau bahas tradisi unik dalam merayakan nyepi di Bali nih. Kamu penasaran gak sih? Kira-kira apa aja ya rangkaian kegiatan Nyepi yang ada di Bali. Passpod rangkum 3 tradisi unik perayaan nyepi spesial buat kamu nih #SobatPasspod. Kita kepoin aja yuk apa aja sih tradisinya.

Ogoh Ogoh

Passpod, Nyepi di Bali
Source : Tirto.com

Pasti sudah banyak yang tau nih salah satu perayaan ini di Bali. Karena Perasaan Nyepi di Bali identik banget dengan kegiatan arak-arakan yang satu ini, ya menggunakan ogoh-ogoh. Ogoh-ogoh merupakan patung berwujud makhluk besar penggambaran sikap buruk manusia yang diarak diiringi gamelan bali. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar kekuatan serta pengaruh negatif di tahun ini akan ikut pergi bersama ogoh-ogoh. Setelah di arak melalui pawai, patung yang menggambarkan sosok Bhuta Kala berwujud besar dan menyeramkanakan tersebut akan dibakar untuk menghapus sifap buruk manusia. Arak-arakan ini menjadi kegiatan yang iconic banget dalam tradisi Bali untuk Perayaan Nyepi. Pertunjukan ogoh-ogoh ini menjadi salah satu hal yang dinantikan para wisatawan loh saat berlibur di Bali pada Hari Nyepi.

Malesti

Passpod, Malesti, Nyepi di Passpod
Photo by : tribunnews.com

Kalo ritual yang satu ini dikenal dengan sebutan ritual Melasti dimana umat Hindu di Bali melakukannya di sejumlah pantai. Ritual Melasti ini merupakan rangkaian upacara sembahyang di Pura yang diarak dan diarahkan ke pantai maupun danau yang merupakan sumber air suci. Air yang ada di perairan baik laut maupun danau diibaratkan dapat menyucikan segala keburukan yang ada pada alam serta diri manusia. Bertujuan melebur dosa serta keburukan manusia yang dibuang ke laut.  Upacara ini biasanya diadakan 2 atau 3 hari sebelum perayaan Hari Raya Nyepi. Wah merupakan prosesi yang sakral ya guys dalam perayaan Nyepi dengan tujuan yang mulia.

Ngembak Geni

Passpod, Ngembak Geni
Souce : Bisma-eight.com

Pada perayaan Nyepi terdapat rangkaian upacara akhir pada pelaksanaan Catur Brata Penyepian. Rangkaian berikutnya dilanjutkan dengan pelaksaan Dharma Santi yaitu saling memaafkan satu sama lain untuk menyambung tahun yang baru serta memulai tahun baru Saka dengan hal-hal yang lebih baik serta bernilai positif. Wah seru banget yaa rangkaian acaranya. Ohiya ada juga loh tradisi omed-omedan bagi muda-mudi atau orang tua yang belum menikah yang dirayakan pada Ngembak Geni setelah perayaan nyepi. Tradisi inidapat ditemui di banjar Kaja, Sesetan Denpasar. Omed-omedan mempunyai artian tarik menarik yang dilakukan turun temurun.

Wah ternyata terdapat beragam rangkaian kegiatan pada perayaan nyepi di Bali ya. Ada gak yang baru kamu tau setelah baca #CeritaPasspod kali ini? Buat kamu yang berencana berlibur ke Bali pada hari Nyepi ini kamu bisa ikut melihat keragaman budaya melalui perayaan Nyepi ini. Selain mengikuti rangkaian kegiatan di hari Nyepi, ada rekomendasi event juga nih buat kamu yang berlibur di Bali, cek disini ya. Isi hari liburmu dengan kegiatan yang bermanfaat ya guys. Selamat Hari Raya Nyepi 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *