LOADING

Type to search

Travel Tips

Cara Membuat Paspor Online dengan Mudah & Praktis!

Share
Passpod, Cara buat Paspor, cara buat paspor online, bikin paspor online

Apasih hal paling penting yang harus kamu siapkan saat keluar negeri? Passpod! HAHA bener banget, kalo mau traveling keluar negeri ya harus cek Passpod dulu~ #CeritaPasspod kali ini mau bahas hal penting yang harus kamu bawa saat keluar negeri yang namanya mirip-mirip sama Passpod. Yap, Passport! Kamu yang suka traveling keluar negeri pasti gak asing sama yang satu ini. Buat kamu yang baru-baru ini berencana keluar negeri, pasti sering bertanya-tanya gimana cara bikin paspor ya? Jangan khawatir karena sekarang ada cara mudah bikin paspor, dengan paspor online. Kamu bisa terapkan cara buat paspor online yang simple dan mudah banget, pokoknya gak seribet yang kamu bayangkan deh. Kamu bisa lakukan beberapa tips dan penuhi beberapa persyartaan berikut ini untuk tau cara membuat paspor online

Buat antrean paspor online

Passpod, Cara buat Paspor, cara buat paspor online, bikin paspor online

Source : unsplash

Cara praktis untuk membuat passport online yang pertamaa adalah dapatkan antrean paspor online. Gak harus antre secara langsung, kamu bisa daftar antre membuat passpor secara online¬†disini. Kamu diharuskan mengisi data diri kamu, untuk nantinya kamu bisa menentukan lokasi kantor imigrasi dan jadwal yang sesuai. Kamu bisa memilihi tanggal dan siapkan waktumu untuk datang ke kantor imigrasi yaaa ūüôā Antrian online ini nantinya menjadi bukti bahwa kamu terdaftar untuk membuat paspor sesuai dengan jadwal yang sudah kamu tentukan.

Siapkan syarat pembuatan paspor

Passpod, Cara buat Paspor, cara buat paspor online, bikin paspor online

Source : imandrewpons

Setelah menentukan jadwal pembuatan paspor, kamu harus menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Jadi saat kamu mengunjungi kantor imigrasi, semua persyaratannya sudah lengkap kamu bawa. Beirkut yang kamu butuhkan sebagai syarat membuat paspor online bagi WNI :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akta Kelahiran atau Surat Baptis
  • Akta Perkawinan atau Buku Nikah, bisa juga dengan Ijazah
  • Paspor lama, apabila kamu ingin perpanjang paspor

Untuk anak-anak persyaratannya hampir sama, perbedaannya hanya diganti menggunakan identitas orang tua untuk KTP dan Buku Nikah. Bawa asli dan salinan fotocopy-an semua berkas tersebut ya. Selain itu jangan lupa juga bawa bukti kamu telah mendaftar antrean paspor online.


BACA JUGA : Mau Nyetir di Luar Negeri? Ini Cara Buat SIM Internasional Super Cepat!


Datang ke Kantor Imigrasi sesuai jadwal yang kamu pilih

Datanglah ke Kantor Imigrasi yang kamu pilih sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan saat mendaftar antrean online ya. Pastikan menggunakan baju yang sopan. Bawa persyaratan yang sudah kamu siapkan sebelumnya, jangan sampai ada yang tertinggal. Gunakaan map agar persyaratan yang kamu bawa tersusun dengan rapi dan tidak tercecer. Disana kamu akan diminta untuk mengsisi formulir serta surat permohonan pembuatan paspor. Baiknya bawa pulpen hitam sendiri ya, biar gak rebutan saat disana dengan pendaftar lain

Passpod, Cara buat Paspor, cara buat paspor online, bikin paspor online

Source : okezone

Setelah selesai mengisi formulir, nantinya kamu akan disuruh antre lagi untuk foto dan wawancara. Kamu akan ditanya tujuan membuat paspor untuk pergi ke negara mana dan untuk urusan apa. Kamu pun akan ditanya apakah ingin membuat paspor biasa atau paspor elektronik. Kalo paspor elektronik, terdapat data biometrik pemilik paspor seperti data biometrik wajah dan sidik jari untuk pemegang paspor. Setelah itu kamu akan langsung di foto untuk data paspor deh, siapkan senyum manis ya agar fotomu bagus.

Melakukan Pembayaran & Konfirmasi Pembayaran

Passpod, Cara buat Paspor, cara buat paspor online, bikin paspor online

Source : business world

Untuk pembuatan paspor dikenakan biaya administrasi dan akan diberikan slip pembayaraan yang dibayarkan melalui metode transfer. Pembayarannya dilakukan dengan transfer ke rekening imigrasi. Biaya pembuatan paspor biasa ialah sebesar Rp355.000,- dan paspor elektronik sebesar Rp655.000,- untuk mendapatkan 48 halaman paspor indonesia. Selesai deh, biasanya paspor tidak bisa langsung kamu ambil. Melainkan kamu harus menunggu sampai¬†¬Ī 5 hari untuk mengambil di Kantor Imigrasi yang sama dengan tempat kamu mengajukan. Biasanya diberi tahu kok kapan paspormu jadi dan bisa kamu ambil.

Ambil Paspor 

Passpod, Cara buat Paspor, cara buat paspor online, bikin paspor online

Source : qiwii.id

Kamu bisa ambil paspor mu ketika sudah jadi di Kantor Imigrasi tempat kamu mendaftar. Bawa bukti pembuatan paspor-mu dan ambil antrian untuk mengambil paspor nya ya. Setelah itu, kamu bisa mendapatkan paspor mu untuk keluar negeri. Selesai deh cara praktis membuat paspor online. Mudah banget bukan?

Nah itu dia tadi cara bikin paspor online yang paling mudah dan praktis. Beneran gak ribet kan? Solusi pas bikin liburan anti repot deh pokoknya. Jadi, kamu mau traveling kemana nih keluar negeri? Jangan lupa cek passpod dulu ya, sekarang!

https://www.youtube.com/watch?v=PgHny_GFCCE

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *