1. Kharoub atau Jus Carob dari Palestina dan Lebanon

4 Ramadan Drinks To Make At Home | NileFM | EGYPT'S#1 FOR HIT MUSIC (pic : nilefm)

Kharoub atau Ceratonia Siliqua adalah buah dengan kulit berwarna coklat dan bentuknya mirip kacang kapri atau edamame. Di Palestina dan Lebanon, buah ini dijadikan jus dingin.

2. Sobia di Arab Saudi

Sobia Minuman Dingin Khas Arab, Begini Resepnya

(pic : genpi.co)

Sobia adalah minuman yang paling populer di Arab Saudi saat bulan Ramadhan. Sobia terbuat dari campuran barley, roti, kayu manis, gula, dan juga kapulaga. Penyajiannya bisanya ditambahkan dengan es batu agar rasanya segar dan semakin nikmat.

3. Rooh Afza di India dan Pakistan

Rooh Afza diplomacy': Pakistan offers to quench India's thirst during Ramadan | Arab News PK

(pic : arabnewspk)

Rooh Afza adalah sejenis sirup yang paling diminati ketika bulan Ramadhan datang. Sirup ini hadir dengan beberapa varian rasa, seperti rasa buah-buahan, mint, sayuran, dan bahkan kelopak mawar.

4. Qamar al-Deen di Mesir

Resep Qamar Al-Din, Jus Aprikot untuk Buka Puasa dari Mesir, Segernya Kebangetan! - Galamedia News

(pic : galamediapk)

Minuman khas yang satu ini khusus disajikan ketika bulan Ramadhan. Minuman khas yang satu ini terbuat dari sari aprikot sehingga warnanya orange segar. Tak hanya dijadikan minuman, olahan sari aprikot ini juga bisa dibuat menjadi puding.

5. Tamer Hindi di Jordan dan Lebanon

Uniknya 5 Minuman Dingin dari Berbagai Negara Untuk Berbuka Puasa Halaman 1 - Kompasiana.com

(pic : kompasiana)

Tamer hindi sendiri terbuat dari tamarin (Asam Jawa) yang diambil sarinya. Di Indonesia dikenal dengan Asam Jawa, namun ternyata tumbuhan asam ini berasal dari India, bahkan dalam bahasa Arab pun dinamakan tamrul hindi, yang artinya kira-kira kurma India.

Itulah 5 minuman dingin terunik dari berbagai negara yang selalu ditunggu saat bulan Ramadan. Selain menyegarkan, minuman tersebut juga bisa untuk menjaga kesehatan. Tentunya info tersebut bisa untuk dijadikan refrensi Sobat dalam membuat menu buka puasa.

Jika ingin berkunjung ke negara tersebut untuk mencicipi langsung minumannya, jangan lupa selalu bawa Passpod WIFI untuk menemani liburanmu disana dengan koneksi internet tanpa batas.

 

By MinPod

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *