Sebelum kamu berangkat ibadah ke tanah suci, tentunya dibutuhkan persiapan mulai dari materi, fisik hingga beberapa persyaratan. Salah satunya berkaitan dengan kesehatan untuk jamaah haji juga umroh nih guys, yaitu terkait suntik vaksin. Bagi kamu yang bepergian haji/umroh wajib memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa kamu sudah melakukan suntik vaksin. Lengkap dengan pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat haji/umroh, suntik vaksin bertujuan untuk mengurangi juga mencegah resiko pernyakit saat beribadah bersama jutaan orang dari seluruh dunia. Berikut 5 vaksin yang dianjurkan untuk sebelum pergi haji/umroh ke tanah suci. Kepoin di #CeritaPasspod kali ini~

Vaksin Meningitis

Passpod, Meningitis, Vaksin Haji
Source : Merdeka

Meningitis, merupakan infeksi peradangan selaput otak juga sumsum tulang belakang yang salah satu negara dengan resiko terbesar penyebaran penyakitnya ialah Saudi Arabia. Maka dari itu sangat dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi melakukan suntik vaksin ini 14 hari sebelum keberangkatan sebagai proteksi diri bagi jamaah haji/umroh yang pergi kesana. Sertifikat yang menyatakan sudah suntik vaksin ini menjadi syarat calon haji untuk dapat visa juga loh!

Vaksin influenza Musiman

Passpod, Influenza Musiman, Vaksin Haji, Vaksin Umroh
Source : Kompas

Influenza musiman merupakan penyakit yang bisa menyerang hingga beresiko sebagai penyebab kematian. Mengapa disebut influenza musiman? Karena jenis virus yang menyebabkan influenza berbeda-beda setiap tahunnya. Vaksin influenza musiman ini sangat dianjurkan untuk jamaah dengan kondisi penderita penyakit kronis (Asma, gagal jantung, penyakit paru-paru),penderita gangguan metabolik, obesitas, lansia, balita juga wanita hamil.

PasspodVaksin Pneumonia 

Passpod, Pneumonia, Vaksin Haji
Source : Klikdokter

Pneumonia merupakan infeksi paru-paru yang disebabkan oleh virus Streptococcus Pneumoniae. Kamu calon jamaah haji/umroh dengan kondisi kesehatan tertentu yang menginap penyakit kronis (diabetes, hipertensi atau asma) juga anak-anak dan alansi wajib melakukan vaksin pneumonia.

Terdapat 2 jenis vaksin Pneumonia :

  • Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV), disarankan bagi anak usia 2-4 bulan dan ditambah booster ketika usia 12-15 bulan
  • Pneumococcal Polysaccharide Vaccine (PPV)

Vaksin pnemonia merupakan vaksin yang diwajibkan oleh pemerintah Arab Saudi bagi kamu yang akan melaksanakan ibadah haji/umroh.

Demam Kuning

Passpod, Demam Kuning
Source : Klikdokter

Penyakit demam kuning disebabkan oleh nyamuk dan merupakan penyakit yang cukup serius. Vaksin ini diwajibkan bagi calon jemaah yang berasal dari negara dengan iklim tropik dan subtropik seperti Afrika dan Amerika sebelum berkunjung ke Arab Saudi. Virus ini mengalir di darah menuju kelenjar air liur yang menyebabkan penderita menginap penyakit demam kuning.

Polio

Passpod, Vaksin Polio
Source : alodokter

Polio merupakan penyakit yang menyerang sistem saraf pusat manusia dan menyebabkan kerusakan pada saraf motorik yang meneyebabkan kelumpuhan. Vaksin ini berlaku bagi orang-orang yang berasal dari Afganistan, Chad, Nigeria, dan Pakistan yang merupakan negara dengan riwayat wabah polio terbesar. Setidaknya 6 minggu sebelum berangkat umroh /haji, kamu diawajibkan melakukan suntik vaksin ini.

Selain melakukan suntik vaksin, yang paling penting adalah memastikan bahwa kamu berada dalam kondisi kesehatan yang baik ya guys. Nah, sudah tau kan beberapa informasi terkait suntik vaksin yang wajib dilakukan sebelum menunaikan ibadah haji/umroh. Pastikan kamu tetep dalam kondisi sehat sebelum berangkat hingga selesai menunaikan ibadah ya. Selalu siapkan juga koneksi internet terbaik selama perjalanan umroh/haji dari Passpod, klik disini untuk cek info selengkapnya~

One thought on “Wajib Suntik Vaksin Berikut Sebelum Ibadah Umroh ataupun Haji!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *