Pergi traveling dengan mengajak bayi tentunya banyal hal yang perlu diperhatikan. Khusunya untuk yang traveling naik pesawat nih, amankah bayi diajak traveling menggunakan pesawat? Sebenarnya pesawat merupakan jalur perjalanan yang paling aman dan nyaman untuk bayi dalam jika dibandingkan melalui jalur darat. Tentunya dengan menggunakan kursi khusus bayi dan sabuk pengaman selama perjalanan. Namun, kembali lagi ke kondisi masing-masing bayi bisa saja justru rewel selama perjalana. Nah untuk meminimalisir hal tersebut, beberapa hal ini perlu kamu perhatikan dan siapkan saat mengajak bayi traveling dengan pesawat.

Pada umur berapa bayi boleh naik pesawat? 

Passpod, Bayi Naik Pesawat, Bayi, Traveling bersama bayi
Source : TheAsianParent

Menurut beberapa dokter, bayi yang baru lahir atau berusia dibawah 2 minggu sebaiknya tidak dianjurkan untuk naik pesawat terlebih dahulu. Hal tersebut karena tubuh bayi belum mampu menyesuaikan dengan lingkungan sekitar, apalagi saat di pesawat terdapat perubahan tekanan udara yang memungkinkan bayi merasa tidak nyaman. Ketika bayi merasa tidak nyaman, ia akan menangis dan jadi mengganggu penumpang lain di pesawat huhu,

Sebaiknya usia yang pas untuk mengajak bayi pergi menggunakan pesawat ialah mulai usia 3 bulan. Pada usia ini, kondisi fisiologi bayi sudah lebih baik dalam menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.

Beli tiket sesuai waktu jam tidur anak

Passpod, Bayi, Traveling Bayi
Source : Nasional.republika.com
Hal ini bisa kamu lakukan untuk meminimalisir anak menangis saat di pesawat. Kamu bisa pilih untuk membeli tiket sesuai dengan waktu tidur anak. Jika kamu traveling dengan rute penerbangan yang jauh, pilihlah penerbangan di malam hari agar bisa istirahat tidur dengan nyaman.

Tiba di bandara lebih awal

Passpod, Traveling naik Pesawat, Bayi di Pesawat
Source : Lobe.ca

Bagi ibu membawa bayi, lebih baik untuk tiba lebih awal di bandara setidaknya 2-3 jam sebelum keberangkatan. Kenapa? hal tersebut bertujuan untuk mengantsipiasi hal yang tak terduga misalnya anak harus ganti popok karena buang air besar dan lain-lain. Selain itu juga agar tidak terburu-buru lari menuju gate, mengingat membawa bayi serta barang bawaannya akan banyak.

Gunakan baby bassinet

Baby Bassinet, Passpod
Source : Jurnal Keluarga
Cek ketersediaan tempat duduk khusu untuk bayi kepada awak pesawat. Tanyakan apakah maskapai penerbangan menyediakan baby bassinet atau tidak, karena beberapa maskapai menyediakannya khusus untuk penumpang bayi. Jika tidak, baiknya siapkan untuk membawa baby seat sendiri agar bayi dapat duduk dengan nyaman selama penerbangan.

Pilih kursi paling depan

Passpod, Liburan bersama bayi, bayi di Pesawat
Source : Mother and Baby
Kursi pesawat paling depan merupakan tempat paling nyaman untuk ibu dan bayi. Hal ini dikarenakaan dapat memudahkan ibu dan bayi keluar masuk pesawat dengan cepat. Selain itu, kursi bagian depan pesawat juga mempunyai ruang kaki yang lebih luas sehingga akan lebih nyaman saat menggendong bayi. Baiknya juga, pilih tempat duduk pada sisi lorong untuk memberikan kenyamanan ibu untuk keluar masuk saat bayi rewel dan harus di gendong.

Berikan ASI saat pesawat lepas landas

Bayi, Bayi di Pesawat, Traveling bersama bayi
Source : Kumparan
Untuk meminimalisir bayi merasa tidak nyaman di pesawat, ibu baiknya memberikan ASI saat lepas landas. Hal tersebut agar ketika terjadi perubahan tekanan tidak membuat telinga bayi sakit. Menyusui berguna untuk menyeimbangkan tekanan dalam telinga saat terjadi perubahan tekanan pada pesawat.

Siapkan tas berisi keperluan anak

Passpod, Liburan bersama bayi
Source : BP-guide

Bawa tas yang tidak merepotkan bagi si ibu, yaitu dengan menggunakan tas selempang atau tas gemblok. Siapkan barang-barang penting seperti popok, baju ganti, handuk bayi dll untuk mengantisipasi saat anak muntah, buang air besar atau baju basah. Hal ini memudahkan kamu untuk persiapan saat di pesawat.

Bawa mainan kesukaan anak

Passpod, Traveling bersama bayi, Bayi naik pesawat
Source : cantik.tempo

Bawa mainan kesuakaan anak! Tentunya berguna untuk mengalihkan perhatian anak saat susah makan ataupun saat menangis karena rewel dan bosan selama di perjalanan. Kamu bisa membawa mainan kecil favoritnya seperti boneka kesayangan atau mobil-mobilan kesukaan untuk mengatasi rewelnya.

Wah, banyak sekali ya hal yang harus diperhatikan serta di persiapkan saat traveling bersama bayi menggunakan pesawat. Semoga #CeritaPasspod kali ini bermanfaat ya buat kamu, sob. Jadi bisa traveling asyik dan menyenangkan bareng anak deh hehe. Sebelum traveling, wajib cek Passpod dulu ya! Happy Holiday~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *