Silo, Inggris

Restaurant ini berbeda dari restoran kebanyakan. Restoran mewah ini telah berhasil secara kosisten dalam mengolah limbah salah satunya adalah dengan membuat kompos dari sisa makanan langsung ditempat. Untuk kebutuhan listrik, Silo menggunakan tenaga surya. Piring-piring menggunakan tas plastik daur ulang. Minuman disajikan dalam gelas bekas selai. Air untuk membersihkan jambannya berasal dari limbah mesin kopi. Bukti pembayaran pun tak dicetak di atas kertas, melainkan dikirim lewat surat elektronik, lho!

Retrorika Coffee & Bar, Jawa Timur

Restoran ini Mengusung konsep vintage, berbagai sudut kafe ramah lingkungan ini yang dihiasi dekorasi daur ulang barang bekas menjadi daya tarik istimewa untuk pengunjung. Untuk pengolahan sampah, mereka juga menerapkan sistem pilah dan daur ulang sampah. Sampah organik mereka daur ulang menjadi kompos. Berbagai furnitur yang digunakan kafe ini juga mengusung tema daur ulang mulai dari kursi, meja, dan beragam hiasan dinding yang berasal dari daur ulang jendela.

Poco Tapas Bar, Inggris

Restoran yang telah dinobatkan sebagai restoran berkelanjutan pada tahun 2016. Restoran ini juga mendaur ulang untuk hampir seratus persen limbah yang dihasilkan. Bahan-bahan makanan juga dibeli dari petani lokal. Poco Tapas Bar akan menyajikan makanan berdasarkan musim sehingga ide ini sangat menarik untuk memantau apa saja yang kembali ke dapur.

 Ijen Resto, Bali

Restoran ini wajib Sobat kunjungi! Lantai pada interior serta furniturnya terbuat dari bahan-bahan yang didaur ulang. Cushion resto ini terbuat dari busa bekas jok motor yang dipotong kecil untuk digabung berbentuk segi empat bermotif acak. Pelapis meja dan kursinya terbuat dari campuran semen dan piring serta gelas yang tak terpakai Menu dari Ijen dicetak di atas kertas yang mampu bertahan hingga waktu yang lama dan disematkan di atas papan terbuat dari ban bekas truk hasil olahan Indosole, brand alas kaki lokal.

Burgreens, Jakarta

Restoran yang menghidangkan sederetan makanan lainnya seperti farm-to-table salad, ramen, soto, dan juga sate. Semuanya vegan, tanpa MSG (yang meski digemari tapi tidak sehat itu), dan juga tanpa gula.  Bukan cuma dari menu makanan, Burgreens pun menggunakan sedotan bambu sebagai pengganti sedotan plastik dan kantong plastik dari singkong sebagai pengganti. Untuk beberapa cabang, seperti Tebet, lokasinya sengaja dipilih di dekat taman.

By Ridacia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *