Pertama kali naik pesawat? Wah #CeritaPasspod kali ini pentng banget untuk kamu simak. Gak cuma kamu kok yang baru pertama kali naik pesawat, kamu gak sendiran. Gimana rasanya nih deg-degan atau justru happy karena excited. Berikut ini minpod rangkum ya tips penting buat #SobatPasspod yang pertama kali naik pesawat. Check this out!

Bawa barang bawaan secukupnya

Kamu harus tau gengs, kalo di pesawat terdapat 2 jenis bagasi untuk menyimpan barangmu, yaitu bagasi di cabin dan bagasi pesawat. Apabila kamu hanya membawa tas yang tidak terlalu banyak, sebaiknya kamu cukup menaruh barang bawaanmu di cabin pesawat, tepatnya lokasi bagasi ada di atas tempat dudukmu. Makmial berat barang bawaan yang kamu bawa kabin berbeda-beda tiap maskapai pesawat, namun biasanya maksimal 7 kg per penumpang. Apabila kamu kesulitan untuk menaruh barang, kamu bisa meminta bantuan awak pesawat yang siap membantu. Menaruh barang bawaan di cabin juga memudahkan kamu saat sampai di destinasi tujuan, kamu tidak perlu menunggu lama untuk mengambil bagasi saat kamu tiba. Selain itu, kamu juga lebih mudah untuk mengawasi tas-mu.

Passpod, Pesawat, Pertama kali naik pesawat, tips naik pesawat
Source : magda ehlers on pexels

Kamu membawa barang yang lebih berat dan banyak? Kamu perlu menaruh barang bawaanmu di bagasi pesawat. Tentunya kamu harus mendaftarkan bagasi terlebih dahulu saat check in dengan berat maksimal yang sudah ditentukan. Jangan sampai lupa untuk mengambil barang bawaanmu dan tunggu muatan bagasi pesawat diturunkan yaaa dan menunggu di Conveyor Baggage. 

Datang 1 atau 2 Jam lebih awal sebelum keberangkatan

Passpod, Pesawat, Pertama kali naik pesawat, tips naik pesawat
Source : Pexels.com/nappy

Kamu harus antisipasi saat pergi naik pesawat dengan berangkat lebih dulu sebelum jam keberangkatan ya. Usahakan kamu sudah tiba di bandara 1-2 jam sebelum jadwal keberangkatan. Karena apabila kamu telat, kamu sudah tidak bisa lagi untuk masuk pesawat gengs. Jadi amat sangat disayangkan apabila kamu ketinggalan pesawat karena datang mepet dengan jadwal keberangkatan. Baiknya kamu sudah menentukan estimasi lamanya perjalanan dari rumahmu ke bandara dan menggunakan kendaraan apa. Sehingga kamu bisa mengira-ngira agar tidak ketinggalan pesawat.

Siapkan Tiket dan Pastikan Gate dan Terminalmu Sesuai

Passpod, Pesawat, Pertama kali naik pesawat, tips naik pesawat
Source : Foto oleh Torsten Dettlaff dari Pexels

Siapkan kode booking atau tiket pesawat sebelum kamu masuk yaaa. Atau untuk jaga-jaga , kamu bisa print kode booking yang biasanya dikirim via email sebagai bukti fisik. Siapatau batere hp-mu lowbat atau error mendadak dan tidak bisa nyala, kamu bisa jadikan print-an tersebut sebagai antisipasi. Oiya, pastikan terminal, gate, jadwal keberangkatan hingga maskapai yang kamu tuju sudah sesuai dengan yang di pesan. Baiknya kamu sudah mengecek terlebih dahulu lokasi terminal hingga gate yang kamu tuju untuk naik ke pesawat, jadi kamu sudah paham lokasi di bandara yang harus kamu tuju.

Masuk area check-in, siapkan KTP mu ya~

Passpod, Pesawat, Pertama kali naik pesawat, tips naik pesawat
Source : Pergi.com

Setelah tiba dibandara, di terminal dan gate yang kamu tuju step selanjutnya adalah check-in. Saat memasuki area check-in kamu diminta untuk menunjukan kode booking/print order-mu dan KTP pastinya. Jadi jangan lupa untuk siapkan KTP-mu untuk mengurangi antrian dan memudahkan petugas ya. Selanjutnya kamu dan barang bawaanmu akan di check oleh security untuk masuk ke area check in

Lakukan check-in sesuai di loket maskapai

Passpod, Pesawat, Pertama kali naik pesawat, tips naik pesawat
Source : pointmetotheplane

Untuk check-in kamu harus memperhatikan loket sesuai dengan maskapai tujuanmu. Kamu bisa melihatnya pada layar monitor yang biasanya terletak di dekat loket. Jadi jangan sampai salah ya. Tunjukan kode booking-mu dan tentunya KTP Saat check-in kamu dapat memilih tempat duduk yang kamu inginkan di kabin pesawat. Setelah boarding pass di cetak, jaga baik-baik ya! karena ini merupakan tiket-mu masuk ke kabin pesawat. Buat kamu yang akan menaruh barang di bagasi pesawat, kamu pun dapat melakukannya di area check-in ini.

Untuk penerbangan internasional keluar negeri, kamu wajib siapkan ini!

Tentunya kamu pasti tau dong apa yang harus disiapkan saat keluar negeri,? yap bener banget Passpod! Ehehe bener kok passpod termasuk hal yang wajib kamu siapkan namun ada hal penting lainnya nih yaitu Passport, sebagai identitasmu diluar negeri. Untuk penerbangan internasional, identitasmu akan di periksa terlebih dahulu di imigrasi. Gak hanya itu,  barang bawaan-mu pun akan di cek juga loh oleh petugas imigrasi sebelum kamu diizinkan untuk memasuki pesawat.

Naik pesawat dan pilih kursi sesuai yang tercantum di boarding pass

Passpod, Pesawat, Pertama kali naik pesawat, tips naik pesawat
Source : fakta.news

Jangan sampai salah kursi ya, lihat nomor kursimu di boarding pass. Setelah ketemu, taruh barang bawaanmu di bagasi yang terletak di atas kursi dan selamat menikmati perjalananmu. Itulah tips umum dari minpod buat yang baru pertama kali naik pesawat. Intinya, tenang aja yaaa and enjoy your flight!

Oiya sesampainya di tempat tujuan, jangan lupa beli oleh-oleh buat minpod ya hihi. Semoga bermanfaat 🙂