3 Tempat Yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berlibur Ke Singapura - Yukke.id

pic : yukke.id

Passpod, Indonesia- Kabar Gembira! Singapura membuat kebijakan akses masuk tanpa paspor ke wilayahnya tahun depan. Baik penduduk maupun pendatang tak perlu menunjukkan paspor mereka, hanya perlu masuk menggunakan QR.

Otoritas Imigrasi dan Pos Pemeriksaan (ICA) mengatakan pemeriksaan manual di ruang penumpang akan secara bertahap diganti dengan sekitar 800 jalur ABSC mulai kuartal pertama 2024.

Kemudian di tahun 2026, jalur APICS akan diperkenalkan di tuas Checkpoint sehingga petugas tidak perlu ditempatkan di setiap jalur mobil. Selanjutnya sistem APICS akan diterapkan di pos Woodlands dan Tuas, penghubung Singapura dan Malaysia, pada tahun 2028 mendatang.

Lewat cara baru ini pelancong juga tak perlu memperbaharui paspor traveler mereka saat mengunjungi Singapura.
Saat di imigrasi, petugas ICA akan melakukan pemeriksaan citra wajah traveler menggunakan data QR Code yang ada. QR Code yang sama juga dapat digunakan untuk perjalanan selanjutnya, jika detail paspor traveler tidak perlu diperbarui.

Immigration and Checkpoints Authority (ICA) Singapura mengatakan, penggantian penggunaan paspor ke kode PR itu akan dilakukan mulai kuartal pertama 2024 dengan tujuannya untuk memberikan akses yang lebih cepat dan aman terkait imigrasi dan bea cukai. Sistem ini sebelumnya telah diujicoba di Tuas Checkpoint dan Terminal 4 Bandara Changi pada 2019.

 

 

By MinPod

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *