Apa Saja Syarat Wajib Umrah?

Syarat wajib umrah menjadi informasi utama yang perlu diketahui oleh setiap Muslim. Terutama bagi Sobat yang berencana untuk melaksanakan ibadah Umrah dalam waktu dekat. Berikut ini 6 syarat wajib Umrah yang harus dipenuhi oleh calon jamaah, antara lain:

Beragama Islam

Syarat wajib Umrah yang pertama adalah beragama Islam. Artinya, bagi Sahabat yang beragama Islam, tentu boleh melaksanakan ibadah ke Tanah Suci. Dengan adanya syarat wajib Umrah ini, maka tidak sah hukumnya bagi umat agama lain untuk melaksanakan ibadah Umrah ke Tanah Suci.

Dewasa atau baligh 

Syarat wajib Umrah yang kedua adalah dewasa atau baligh. Masa baligh ini ditandai dengan kedewasaan secara fisik. Selain itu, ini juga berarti bahwa seorang muslim harus sudah bisa membedakan mana yang baik atau benar dan yang tidak. Bila ibadah Umrah pada masa anak-anak, itu tidak akan menggantikan ibadah Umrah ketika dewasa nanti.

Berakal sehat

Syarat wajib umrah yang ketiga adalah berakal sehat. Artinya, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan ibadah Umrah adalah orang yang memiliki akal yang sehat, sehingga mampu membedakan mana yang baik dan buruk bagi diri sendiri dan sekitar.Tidak bisa disebut umrah jika hal itu dilakukan oleh seorang yang mengalami gangguan jiwa sekalipun tergolong orang yang mampu.

Merdeka

Bukan dari salah seorang dari hambah sahaya (budak) karena ibadah umroh ini memerlukan waktu yang panjang yang dikahawatirkan kepentingan tuannya akan terbengkalai. Jadi, umat muslim yang dianjurkan untuk melaksanakan ibadah Umrah yaitu seseorang yang telah bebas atau merdeka dari perbudakan.

Mampu

yarat wajib Umrah selanjutnya, yaitu mampu. Maksud dari syarat wajib Umrah ini adalah memiliki kemampuan untuk mengerjakan ibadah Umrah, baik dari segi kemampuan fisik, finansial, dan waktu yang disisihkan untuk melaksanakan ibadah ke Tanah Suci.

Bagi perempuan harus ada mahramnya

Satu lagi syarat wajib Umrah yang harus dipenuhi oleh umat muslim yang berjenis kelamin perempuan, yaitu harus ditemani oleh mahramnya. Ada kalanya orang yang beribadah Umrah bukan merupakan pasangan suami istri. Namun, syarat wajib Umrah ini ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi bahwa setiap perempuan beragama Islam yang ingin beribadah Umrah wajib didampingi oleh mahramnya.Mahram bisa berasal dari keluarga inti, seperti orang tua kandung, kayak, adik, atau anak. Sementara, jika sudah tidak ada mahram, bisa ditemani oleh kerabat perempuan, seperti saudara atau teman.

 

By Ridacia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *