Budaya memberikan uang tip lahir di Inggris dan menyebar ke seluruh dunia. Untuk memberikan uang tip ini sebenarnya tidak aturan baku atau tertulis mengenai kewajiban kamu untuk memberikan sejumlah uang tip di negara tertentu.

Untuk di Indonesia sendiri biasanya memberikan uang tip berdasarkan kepuasan pelayanan yang diberikan. Hal tersebut juga bisa diartikan sebagai ucapan terima kasih atas jasa yang sudah diberikan dengan baik.

Bagaimana budaya memberikan uang tip di negara lain? Berikut simak penjelasannya dari minpod!

Amerika Serikat

Menikmati hidangan restoran di Amerika, jangan sampai lupa memberikan uang tip sebesar 15 sampai dengan 20 persen dari bill pesanan sobat kepada pelayan restoran, roomboy, ataupun layanan jasa lain yang sobat perlukan ya. Jangan sampai lupa yah, sob!

Prancis

Untuk negara ini, memberikan uang tip biasanya sebesar 10 persen dari total bill kepada pelayan restoran. Sobat juga bisa melihat dari keramahan para pelayan dalam memberikan jasa serta kualitas produk yang dijual.

Kanada

Aturan memberikan tip di Kanada adalah memberikan sekitar 15 sampai 20 persen dari total bill. Sebagian orang di Kanada terkadang enggan memberikan uang tip dikarenakan beberapa faktor yaitu kurang puas dengan sajian atau layanan di restoran tersebut. Jika hal ini terjadi, sobat bisa langsung menyampaikannya kepada pemilik restaurant jika kamu memang tidak puas dengan pelayanannya.

Rusia

Memberikan uang tip di Rusia biasanya antara 10 dan 15 persen dari total bill. Untuk memberikannya pun dengan uang tunai yang langsung diberikan kepada pelayan tersebut ya sob! Ingat, jangan langsung pergi meninggalkan restoran tanpa memberikan tip ya sob ^^

Jerman

Jika di Indonesia, mungkin beberapa dari sobat ada memberikan uang tip dengan meletakkan uangnya di atas meja, namun cara ini tidak berlaku di negara Jerman. Sobat harus menyampaikannya secara lisan langsung dengan orang yang akan sobat berikan tip ya!

 

 

 

Yup, sudah tahu kan 5 negara yang melanggengkan tradisi memberikan uang tip. Perlu sobat ingat, beda negara beda kultur. Berbeda dengan negara Tiongkok dan Jepang, sobat dilarang untuk memberikan uang tip karena bisa diartikan sebagai bentuk penghinaan yang tidak bisa ditoleransi.

Liburan kemanapun, jangan lupa bawa Passpod WIFI untuk mendukung perjalanan sobat lebih seru dengan internet yang super cepat. Minpod tunggu pesanan sobat, happy holiday!

By MinPod

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *