Dubai to build world's first 3D-printed mosque | CNN

pic by CNN

Bersiaplah! Kota Dubai telah meresmikan rencana membangun masjid dengan konstruksi penuh cetak 3D atau tiga dimensi pertama di dunia.

Dilansir dari Arabian Business, struktur masjid yang akan dibangun menggunakan teknologi cetak 3D, akan memakan waktu sekitar empat bulan, ditambah 12 bulan untuk melengkapi fasilitas di dalamnya. Kepala teknik di Departemen Urusan Islam dan Kegiatan Amal Pemerintah Dubai (IACAD), Mohammad Alhalyan Alsuwaidi mengatakan, masjid tersebut akan dibuat dari campuran beton.

Rencananya, masjid di Bur Dubai akan seluas 2.000 meter persegi dan menampung 600 jamaah. Beliau juga mengatakan bahwa proses konstruksi direncanakan akan dimulai pada akhir tahun ini dan diharapkan dapat selesai pada kuartal pertama tahun 2025.

 

First time Dubai: tips for your first visit to the city of gold – Lonely Planet - Lonely Planet

pic by : lonelyplanet

“Kami memilih teknologi 3D karena merupakan teknologi baru dan inovatif yang berpotensi menghemat waktu dan sumber daya dibandingkan dengan metode pembangunan tradisional,” kata Alhalyan.

Dubai memang telah ditetapkan untuk menjadi Ibu Kota pencetakan 3D dunia, ya sob! Bahkan di tahun 2018 mereka meluncurkan “Strategi Pencetakan 3D” yang merencanakan 25 persen dari konstruksi baru Emirat untuk dicetak 3D pada tahun 2030.

Ditambah lagi, pada tahun 2019, gedung Dubai Municipality memegang rekor dunia untuk struktur cetak 3D terbesar, serta menjadi rumah bagi kantor cetak 3D pertama di dunia, dan laboratorium penelitian drone cetak 3D.

 

 

 

 

By Ridacia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *