LOADING

Type to search

Thailand

Rayakan Tahun Baru Thailand? Intip Serunya Main Air di Festival Songkran!

Share
Passpod, Songkran Festival, Festival Songkran, Thailand, Liburan di Thailand

Hai Sobat Passpod!
Ada yang berencana untuk trip ke Thailand gak dekat-dekat ini? Nah buat kamu yang kesana, jangan sampai ketinggalan untuk berpartisipasi pada Festival yang satu ini nih, ada Songkran Festival! Festival ini merupakan perayaan penting pada kalender buddha yang menandai dimulainya tradisi tahun baru Thailand. Festival ini merupakan kegiatan yang sudah dikenal dunia dan mencuri perhatian para wisatawan untuk berpartisipasi pada kegiatan ini. Ada apa aja sih di Festival Songkran? Penasaran? Yuk kepoin keseruan Songkran Festival di #CeritaPasspod kali ini.

Passpod, Songkran Festival, Festival Songkran, Thailand, Liburan di Thailand

Source : 123.rf

Apa sih Festival Songkran itu?

Songkran merupakan festival budaya yang populer di Thailand, dengan kata Songkran sendiri berasal dari bahasa sansekerta. Festival yang di kenal dunia dengan keseruan perang airnya ini menandai awal dari tahun baru dalam budaya Thailand yang di peringati setiap tahunnya pada tanggal 13-15 April. Seru banget kan? Dalam perayaan ini sejumlah pertokoan pun di tutup untuk ikut serta merayakan kehebohan festival ini. Awal perayaan tradisi ini ialah sebagai rasa syukur atas hasil panen pertanian di Thailand dengan berakhirnya musim kemarau. Kuil – kuil di Thailand di penuhi oleh masyarakat yang berkumpul untuk mengungkap syukur dan berdoa untuk kesuksesan di masa depan dengan siap menyambut musim hujan.

Passpod, Songkran Festival, Festival Songkran, Thailand, Liburan di Thailand

Source : day traslation

Songkran pun pada awalnya merupakan tradisi untuk menyucikan patung Buddha dengan membersihkannya. Patung Buddha di sucikan dengan air beraroma dan sisa air tersebut dipakai untuk membasuh tangan orang tua sebagai bentuk pemberkatan dan cipratannya dipercaya memberikan keberuntungan di tahun yang baru dan membersihkan diri dari keburukan. Dari situlah Tradisi perang air  pun berkembang menjadi perayaan besar di Thailand dimana kita dapat mencipratkan air bersama. Kegiatan ini diikuti oleh banyak orang di jalan serta menambahkan keseruan dan keceriaan perayaan festival. Festival air ini diramaikan dengan cipratan air menggunakan pistol air. Wah seru banget kan!! Serunya lagi nih tidak hanya untuk masyarakat Thailand aja loh, turis pun boleh ikut meramaikan kegiatan ini.

Passpod, Songkran Festival, Festival Songkran, Thailand, Liburan di Thailand

Source : tat newsroom

Dimana tempat terbaik merayakan Festival Songkran?

Perayaan Songkran Festival tersebar di semua kota Thailand, mulai dari Bangkok, Chiang Mai, Phuket dan kota lainnya. Bisa dikatana bahwa kota-kota tersebut yang banyak di kunjungi wisatawan dan paling ramai dalam perayaan Songkran. Apabila kamu ingin merasakan perayaan Songkran di Bangkok kamu bisa kunjungi Khao san Road dan Siloam Road. Untuk kamu yang ingin ikut serta meramaikan festival ini bersama wisatawan lain kamu bisa kunjungi Khao san Road, karena kamu akan menemukan turis lebih banyak daripada warga lokal thailand. Jadi kamu bisa ikut main perang air bersama warga lokal dan wisatawan lain deh. Tapi jangan salah loh perayaan di bagian Bangkok lainnya pun gak kalah seru loh, karena setiap tempat punya keseruannya masing-masing.

Passpod, Songkran Festival, Festival Songkran, Thailand, Liburan di Thailand

Source : news.lovepattayathailand

Nah selain di Bangkok, kamu juga bisa coba untuk mengikuti perayaan Songkran paling lama di Thailand yaitu di Chiang Mai yang berlansung selama seminggu bahkan lebih. Keseruan perang air di Chiang Mai, Gajah pun ikut serta loh merayakan serunya perang air. Keren banget gak tuh? Kamu juga bisa mengikuti upacara pembukaan perang air, mengikuti parade, ikut menyiram air beraroma ke Patung Buddha hingga menikmati makanan khas warga setempat.

Passpod, Songkran Festival, Festival Songkran, Thailand, Liburan di Thailand

Source : bogor.net

Lain lagi nih kalo kamu merayakan keseruan Songkran Festival di Phuket. Titik teramainya ada pada Patong Beach yang tepatnya berada di Beach Road dan Bangla Road. Perayaan Songkran di Phuket kamu bisa merakan siraman air dari truk tangki air yang besar. Wah gak tanggung-tanggung kan siramnya hehe. Siap-siap untuk bawa pistol air buat ikutan keseruan main air dalam festival ini. Baiknya sih kamu beli jauh-jauh dari hari perayaan Songkran Festival, karena kamu kamu beli saat perayaannya harganya bisa jadi jauh leboh mahal. Kalo gak oakai pistol air juga gapapa kok, kamu tetep bisa mengikuti keseruan main air bareng dengan ember yang ada di sekitar jalan bersama warga lokal thailand. Wah seru banget bisa ikut berbaur dan bermain air bersama ya. Kota lainnya pun bisa kamu kunjungi loh di Thailand untuk merasakan keseruan Festival Songkran seperti di Pattaya dan Koh Samui.

Passpod, Songkran Festival, Festival Songkran, Thailand, Liburan di Thailand

Source : Phuketgolf

Kapan sih Festival Songkran itu?

Seperti yang udah dijelasin tadi nih, kalo Festival Songkran itu berlangsung dari tanggal 13-15 April. Terbagi menjadi beberapa perayaan pada setiap tanggalnya. Pada hari pertama yaitu tanggal 13 April merupakan perayaan yang meriahnya nih bagi masyarakat Buddha Thailand dan tentunya warga lainnya pun gak ketinggalan untuk ikut serta. Masyarakat mulai menyucikan Patung Buddha dengan air beraroma dengan membersihkannya, tidak hanya itu masyarakat pun juga membersihkan rumahnhya loh dalam menyambut Festival Songkran ini. Nah berawal dari budaya penyucian Patung Buddha, cipratan air pada perang air di Festival Songkran bermula. Pada tanggal 13 ini lah kamu gak boleh ketinggalan untuk perayaan terbesar dan termeriahnya dari festival ini, yap perang air!

Passpod, Songkran Festival, Festival Songkran, Thailand, Liburan di Thailand

Source : akyra hotels

Pada tanggal 14 April merupakan perayaan tradisi Tahun Baru lama di Thailand. Para pemeluk agama Buddha ramai-ramai mengunjungi tempat ibadah untuk membuat “Sand Chedis”. Tumpukan pasir yang disusun berbentuk seperti candi. Tidak hanya di rumah ibadah saja, pembuatan “Sand Chedis” ini pun tersebar di berbagai tempat di Thailand. Nah pada tanggal 15 April merupakan hari puncak dari perayaan Festival Songkran sebagai awal tahun baru Thailand. Perayaannya tersebar di seluruh penjuru negara  Thailand. Hmm kebayang gak sih seramai dan seseru apa disana! Yuk ikut jadi bagian serunya Festival Songkran dengan liburan ke thailand hehe

Passpod, Songkran Festival, Festival Songkran, Thailand, Liburan di Thailand

Source : whatsupthailand

Tips ke Festival Songkran buat kamu!

  • Jangan beli pistol air saat hari H, karena harganya pasti jauh lebih mahal dari harga aslinya.
  • Lindungi barang bawaanmu agar tidak terkena basah, apalagi alat-alat elektronik seperti hp, kamera baiknya kamu amankan. Kamu bisa gunakan tas anti air atau kamu bisa tinggalkan barang berhargamu di penginapan.
  • Kenakan pakaian yang nyaman. Siapkan baju ganti apabila kamu bepergian jauh dari penginapan. Baiknya jangan gunakan baju yang putih dan tipis karena akan memperlihatkan tubuhmu saat baju basah.
  • Jaga barang bawaanmu, jangan sampai lengah saat seru bermain perang air.
  • Pilihlah penginapan yang dekat dengan perayaan Songkran karena dipastikan jalanan akan macet. Dengan penginapan yang dekat, kamu bisa langsung seru-seruan deh mengikuti perayaan Songkran.
Passpod, Songkran Festival, Festival Songkran, Thailand, Liburan di Thailand

Source : aleenta

Nah jadi udah tau kan gimana keseruan Festival Songkran, pasti jadi bikin kamu gamau ketinggalan vibes nya. Untuk kamu yang berencana ke Thailand saat Festival Songkran berlangsung ada hal yang gak boleh kamu lupa juga nih. Apa lagi kalo bukan bawa modem passpod untuk bisa internetan seru selama di Thailand. Kamu bisa tetap update momen keseruan dan keceriaanmu di Festival Songkran dengan koneksi internet yang unlimited dari Passpod. Jadi, jangan lupa yaa kepoin disini. Selamat berlibur untuk kamu yang ke Thailand, yang belum jangan khawatir festival ini diadakan tiap tahun kok! Segitu dulu yaaa #CeritaPasspod kali ini. See you on the next post~

 

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *