LOADING

Type to search

Thailand Travel Tips

Ultimate Guide Liburan Hemat ke Thailand

Share
Thailand, hemat, murah, Passpod, liburan, backpacker

“Tak kenal, maka tak sayang”. Begitulah kalau kamu mau puas liburan murah ke Thailand. Sebelum berangkat, paling nggak kamu sebaiknya tahu sedikit-sedikit lah, tentang Thailand. Pengetahuan ini penting banget, lho! Apalagi, kalau ini pertama kalinya kamu melancong ke Negeri Gajah Putih.

Persiapan sebelum Berangkat

Thailand itu salah satu destinasi wisata yang paling populer di Asia Tenggara dan terkenal dengan keeksotisannya. Tahun 2017, kurang lebih 35 juta wisatawan datang ke negara ini. Selama di Thailand, kamu bakal melihat banyak banget hal-hal yang bisa menunjang liburan. Jadi, nggak ada alasan buat kamu untuk nggak mengunjungi negara ini.

  1. Budaya Warga Thailand

Hal pertama yang harus kamu tahu adalah budaya lokal di sana. Kurang lebih budayanya mirip-mirip dengan Indonesia. Mayoritas warganya ramah, tapi (ada “tapi”-nya nih) di Thailand, terutama Bangkok, dikenal sebagai kota scam. Jadi, kamu harus hati-hati selama di sana. Setelah tahu ritme Bangkok dan Thailand secara keseluruhan, kamu bakal menyadari kerennya Thailand.

  1. Makanan

Cari tempat makan asyik di Thailand nggak susah, cuma harus agak jeli bagi turis muslim. Dapat tempat makan yang benar-benar halal di Thailand butuh sedikit usaha ekstra. Namun, belakangan ini sudah mulai lebih banyak street food halal.

Kalau kamu mampir ke Khaosan Road di tengah Kota Bangkok, ada banyak tempat makan yang bisa kamu pilih. Para pedagang di sana juga sudah pasang logo halal, lho! Harga jajanan di sana sekitar 30 THB (sekitar Rp 14.000) sekali makan. Kalau mau makan di restoran, kisaran harganya 800 THB (sekitar Rp 350-ribuan).

  1. Akomodasi

Sebagai pilihan akomodasi, kamu bisa cari hotel di pinggiran kota supaya lebih hemat. Sebaiknya tidak tergoda menginap di Khaosan Road karena sudah bisa dipastikan harganya mahal. Coba cari tempat menginap yang “menyempil”, seperti di daerah Sukhumvit. Budget per malam penginapan di daerah ini berkisar antara 500-1.000 THB atau Rp 220.000-450.000.

  1. Belanja

Lupakan masuk ke mall buat beli oleh-oleh. Kamu bisa beli suvenir dari pasar tradisional di Thailand yang kualitasnya nggak kalah oke. Belanja di Thailand juga harus jago nego seperti di Indonesia. Ini tentunya nggak bisa dilakukan kalau kamu belanja di mall. Pokoknya, kalau melihat ada potensi buat menawar, lakukan saja!

Referensi Tempat Wisata Ngirit di Bangkok

Liburan murah ke Thailand bukan berarti kamu nggak bisa mengunjungi tempat-tempat keren. Berikut lima dari beberapa tempat wisata keren di Thailand yang bisa dikunjungi tanpa perlu menguras kantong.

  1. Grand Palace

Tempat wisata satu ini nggak boleh kamu lewatkan kalau ke Thailand. Semacam belum ke Thailand kalau belum ke sini. Tiket masuknya juga nggak terlalu mahal kok, 500 THB atau sekitar Rp 220.000.

Grand Palace, yang oleh penduduk lokal dikenal dengan nama Wat Phra Kaew, adalah istana yang dulunya tempat tinggal raja. Sekarang sih, sudah menjadi tempat wisata di Bangkok. Namun, sesekali istana ini masih digunakan untuk event tertentu dan tempat ibadah.

  1. Wat Pho

Tempat wisata ini terkenal dengan patung Buddha Tidur-nya yang gede banget; panjangnya 46 meter dan tingginya 15 meter. Bayangin, tingginya 15 meter padahal dalam posisi tiduran. Untuk masuk ke tempat wisata ini kamu bakal dikenakan tarif 100 THB atau sekitar Rp 44.000. Harga ini sudah termasuk gratis air mineral ukuran kecil. Selain patung Buddha raksasa, kamu juga bisa mengetahui kisah tentang kehidupan Buddha.

  1. Museum Madame Tussauds

Kamu pasti pernah dengar tentang museum yang memamerkan koleksi patung lilin tokoh-tokoh terkenal dunia ini. Indonesia patut bangga karena patung Presiden Jokowi dan Sang Bapak Proklamator, Ir Soekarno, juga ada di museum ini.

Harga tiketnya agak fluktuatif dan tergantung masa liburan atau tidak, biasanya ada di kisaran 600 THB. Lebih aman beli e-voucher secara online atau mobile app karena biasanya harganya lebih murah ketimbang beli di tempat.

  1. Dusit Zoo

Kalau kamu liburan bareng keluarga atau mengajak anak-anak, tempat ini paling cocok. Di Dusit Zoo ada atraksi khas kebun binatang yang koleksinya cukup lengkap. Tiket masuknya seharga 150 THB untuk dewasa (sekitar Rp 66.000) dan 50 THB buat anak-anak (sekitar Rp 22.000).

  1. Kamthieng House Museum

Satu lagi tempat wisata hemat di Bangkok. Di museum ini kamu bisa melihat berbagai hal tradisional yang khas Thailand banget! Ada rumah tradisional Thailand yang bernama Lanna, artefak kuno, dan banyak hal menarik lainnya. Harga tiket masuknya cuma 100 THB atau sekitar Rp 44.000.

Tempat Wisata “Gratisan” di Bangkok!

Selain tempat wisata hemat, kamu juga bisa kunjungi berbagai tempat wisata yang “gratisan”, lho. Penasaran kan? Langsung saja cek lima tempat wisata berikut:

  1. Jelajah Kuil

Kota Bangkok penuh dengan nilai historis. Jadi, kalau suka sejarah, kamu bakalan suka banget liburan di sini. Kalau nggak suka sejarah pun kamu tetap bakal terpukau dengan bagaimana kerennya warga Thailand menjaga sejarah mereka.

Di Bangkok ada banyak banget kuil dan reruntuhan kuno yang bisa dikunjungi secara gratis. Paling tidak ada 10 kuil utama yang bisa kamu jelajahi secara gratisan di Bangkok. Masing-masing punya ciri khas tersendiri yang salah satunya terlihat dari arsitekturnya. Kalau kamu punya waktu luang, nggak ada salahnya jelajahi semuanya.

  1. Nongkrong di Khaosan Road

Bisa dibilang Khaosan Road adalah jantungnya Bangkok. Kalau di Yogyakarta, ya seperti Malioboro. Ini adalah jalanan paling sibuk dan paling terkenal di kalangan wisatawan. Banyak banget tempat nongkrong gratisan di sini. Kamu bisa sekadar jalan-jalan atau bahkan berkenalan dengan sesama pelancong di sana.

  1. Chatuchak Weekend Market

Nah, ini tempat belanja paling hemat di Bangkok. Chatuchak Weekend Market ini, sesuai namanya, cuma buka saat weekend, hari Sabtu dan Minggu. Di sini kamu bisa belanja suvenir dengan harga sangat miring, apalagi kalau jago nawar.

Ada camilan, hiasan rumah, baju khas Thailand, cendera mata, sepatu, dan masih banyak lainnya. Agak sabar pas menawar di pasar ini karena mungkin ada kendala bahasa. Ini karena nggak banyak orang Thailand yang bisa bahasa Inggris.

  1. Refreshing di Lumpini Park

Kalau nggak suka tempat-tempat yang ingar bingar, Lumpini Park bisa jadi tempat refreshing. Datang ke tempat ini sebaiknya waktu masih pagi. Kamu bisa melihat bagaimana warga lokal melakukan kegiatan sehari-hari mereka. Ini kesempatan buat untuk membaur dengan warga lokal karena mayoritas dari mereka ramah.

  1. MBK Fight Night

Ini tempat paling pas buat kamu yang suka olahraga muaythai. Di sini kamu bisa menikmati pertandingan muaythai secara gratis. Coba datang ke MBK Mall pas jadwal pertarungan diselenggarakan, biasanya hari Rabu dari jam 6 sore. Kamu juga bisa cek jadwalnya di sosial media atau tanya ke penduduk lokal di sana.

Baca Juga: “Bak Negeri Dongeng, Festival-Festival Thailand Ini Ibarat Film Tangled Di Dunia Nyata!”

Tips Liburan Hemat di Thailand

Supaya liburan kamu hemat maksimal, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

  1. Pakai Kendaraan Umum

Biaya liburan di Thailand bisa membengkak kalau kamu nggak jeli memilih transportasi, lho. Setibanya di Thailand, kamu pasti tertarik naik tuk-tuk, kendaraan khas Thailand yang mirip bajaj). Kalau ingin lebih hemat, urungkan niat naik tuk-tuk kecuali kamu jago menawar tarifnya. Sebaiknya kamu naik angkutan umum yang tarifnya sudah jelas.

Bisa saja kamu diberikan tarif tinggi, padahal belum tahu seberapa jauh jarak tempuhnya. Setelah tahu jarak dari satu tempat ke tempat lainnya, kamu bisa coba naik tuk-tuk dengan harga yang masuk akal. Sama halnya dengan naik taksi. Banyak taksi di Thailand yang tidak pakai argo untuk menentukan tarif.

  1. Pesan Tiket Pesawat dan Penginapan Jauh-jauh Hari

Ini sudah bukan rahasia lagi. Kalau kamu merencanakan perjalanan dari jauh hari, tentunya lebih mudah buat mengontrol budget. Kemungkinan buat dapat harga tiket pesawat dan penginapan lebih murah juga akan semakin besar.

  1. Perkiraan Biaya Liburan di Thailand

Buat liburan selama empat hari di Thailand, berapa sih, budget yang harus kamu siapkan? Berikut kisaran biaya yang perlu kamu siapkan untuk liburan 4 hari di Thailand.

  • Tiket pesawat pulang pergi = Rp 1.500.000
  • Biaya akomodasi (penginapan + makan) = Rp 1.000.000
  • Ongkos transportasi plus tiket wisata = Rp 1.000.000

Jadi kira-kira kamu bakal membutuhkan Rp 3,5 juta untuk liburan murah ke Thailand selama empat hari. Hmm, lumayan terjangkau, kan? Nggak heran kalau banyak orang pilih Thailand sebagai destinasi liburan hemat. Selamat berlibur dan merasakan atmosfer ramah Thailand!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *