Bepergian ke luar negeri di waktu weekend bukan lagi mimpi. Untuk kamu masyarakat Indonesia, bepergian ke Singapura tentu saja menjadi salah satu piihan terbaik untuk menghabiskan waktu weekend di luar negeri. Singapura tidak terlalu jauh, penerbangannya hanya menghabiskan waktu dua jam, dan cocok untuk masyarakat urban Indonesia yang hanya memiliki waktu liburan yang pendek. Apakah ini pertama kalinya kamu pergi ke Singapura? Kalau begitu, beberapa tips ini akan berguna untuk diketahui sebelum kamu pergi ke Singapura.

1. Pelajarilah Peraturannya

Singapore, Tips, Traveling,
Sebagian Peraturan yang Berlaku di Singapura – via: http://sharedonfacebook.blogspot.com

Meludah atau membuang sampah sembarangan mungkin dianggap sepele di Indonesia, namun di Singapura, kamu seharusnya memperhatikan hal ini. Ada banyak peraturan umum yang perlu kamu ingat selama perjalananmu. Kamu tidak boleh meludah, merokok, membuang sampah sembarangan, mengunyah permen karet di sebagian besar tempat umum. Jadi, apabila kamu salah satu orang yang memiliki salah satu kebiasaan buruk ini, kamu hendaknya menjaga tindakan.

Apabila kamu ketahuan melakukan hal-hal ini, akan ada petugas yang siap memintamu membayar denda yang jumlahnya berbeda-beda berdasarkan jenis pelanggaran yang kamu lakukan. Kamu bisa lihat kan, bahwa peraturan-peraturan inilah yang tetap menjaga Singapura indah dan bersih. Jadi mengapa kita tidak ikut berkontribusi untuk menjaga negara ini tetap indah?

2. Menghemat dengan Makan Street Food

Singapore, Street Food, Street Food Market
Area Street Food Market di Singapura – via https://123rf.com

Apabila kamu bepergian dengan budget rendah, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Singapura tanpa menguras kocek. Hindarilah makan di restoran, simpanlah uang kamu dengan makan di penjual makanan kaki lima.

Jangan khawatir dengan higienitas dari pedagang-pedagang kaki lima ini! Makanan yang mereka jual dijamin higienis dan enak, karena setiap pedagang wajib mendapatkan plakat dari pemerintah Singapura untuk sertifikasi kebersihan bagi setiap makanan yang mereka jual.

Baca Juga: “10 Tempat Menarik dan Instagrammable di Singapura”

3. Manfaatkan Transportasi Umum

MRT, Singapore,
MRT Singapura – via: https://123rf.com

Berkeliling Jakarta dengan transportasi masal mungkin terdengar melelahkan untuk kamu, namun di Singapura, ini bisa jadi salah satu hal yang kamu ingin coba! Terdapat sistem transportasi MRT (Mass Rapid Transit) yang bisa membawamu kemana saja dengan waktu tercepat.

Kamu bisa membeli tiket untuk sekali perjalanan, namun apabila kamu berniat untuk menggunakan MRT dan bis kota secara beberapa kali selama kedatanganmu, kamu bisa membeli Singapore Tourist Pass. Dengan membayar S$10, kamu bisa mendapatkan kartu pass berisi sejumlah nilai yang bisa membawamu pergi tanpa batas keliling Singapura untuk satu hari.

4. Menginap di Hostel

hostel, singapore, room mates
Menginap di Hostel – https://airbnb.com

Singapura mendapatkan julukan sebagai salah satu negara yang mahal untuk ditinggali. Jangan khawatir, untuk kamu yang bukan jet-setter, ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih untuk tetap menjaga budget. Memilih hostel untuk kebutuhan akomodasimu adalah salah satu cara untuk menyimpan uangmu.

Singapura memiliki banyak sekali hostel yang memiliki nilai-nilai menarik dan tentu saja . Menginap di hostel juga adalah salah satu cara mendapatkan kenalan-kenalan baru yang menarik selama perjalananmu.

 

5. Sewa WiFi Portable

wifi modem 4g passpod portable
WiFi Portable untuk Memudahkan Traveling – via: https://instagram.com/eatandhungry

Tetap terhubung dengan koneksi internet itu penting selama bepergian. Di samping untuk berkomunikasi dengan teman perjalananmu apabila ada keadaan darurat, kamu juga bisa mencari tahu hal-hal yang direkomendasikan di kota, atau untuk mengakses peta.

Portable WiFi juga berguna untuk kamu-kamu yang memprioritaskan update media sosial selama perjalanan. Terdapat beberapa jasa penyewaan portable WiFi yang bisa kamu gunakan sebelum kamu melakukan penerbangan. Menyewa portable WiFi juga terbilang lebih murah daripada membeli sim card lokal untuk paket internet.

Jadi, tunggu apalagi? Kemasi pakaian-pakaian kamu dan bersiaplah untuk menjelajahi Singapura. Semoga tips berikut bisa berguna untuk kamu pada saat perjalananmu nanti. Selamat berlibur!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *