LOADING

Type to search

Japan Lifestyle

Ternyata Ini Perbedaan Ramen, Udon dan Soba yang Sulit dibedakan!

Share
Passpod

Siapa Sobat passpod yang suka banget makan mie? Kalo kamu termasuk pecinta mie pasti gak asing dong dengan olahan mie dari negara jepang yaitu ramen, soba dan udon? Sama-sama disajikan berkuah dengan tekstur yang mirip, ternyata mie ini mempunyai perbedaan dari segi pengolahan dan pembuatannya. Buat kamu yang pertama kali tau mie ini, pasti sulit membedakannya sekilas. Daripada kamu bingung membedakan namanya, simak artikel di #CeritaPasspod kali ini ya biar kamu gak bingung-bingung lagi ~

Ramen

Passpod, Liburan ke Jepag, Perbedaan Ramen Udon Soba, Ramen, Udon, Soba

Source : brit + co

Ramen merupakan mi Jepang yang paling populer nih. Berasal dari kata serapan bahasa mandarin Lamian, yang berarti mi yang di tarik.Saking terkenalnya, sampai ada museum ramen di Shin-Yokohama loh! Mi yang satu ini pun seringkali kamu temui di anime-anime jepang, salah satunya ada di Naruto. Pasti kamu gak asing kan dengan scene naruto yang suka makan mi ramen terus di kedai ramen?hehe. Dari bentuknya sendiri, Ramen merupakan perpaduan bentuk mie tipis, tebal, lurus dan keriting. Ramen disajikan dengan kuah kaldu yang panas dilengkapi pilihan rasa kuah Shoyu, Shio, Miso, Tontotsu dan Kari. Kuahnya berwarna kuning keemasan berasal dari campuran telur dengan cita rasanya yang khas. Dengan udon, mungkin mudah sekali membedakannya dilihat dari tekstur ramen yang lebih kecil. Mi yang terbuat dari tepung terigu ini mempunyai struktur lebih kenyal, panjang dan tipis jika dibanding dengan Soba.

Soba

Passpod, Liburan ke Jepag, Perbedaan Ramen Udon Soba, Ramen, Udon, Soba

Source : japanology

Soba merupakan mi yang sehat loh, karena cocok banget buat kamu yang tidak mengonsumsi tepung atau gluten. Soba sendiri terbuat dari tepung buckwheat atau tepung gandum hitam dengan sedikit tepung terigu, makanya terlihat dari warnanya yang lebih gelap dari ramen ataupun udon. Dari tekstur, mungkin soba lebih mirip dengan ramen namun dengan bentuk yang lebih pipih. Perbedaanya terletak dari cara penyajiannya, yang juga dapat dikonsumsi saat dingin. Soba dapat dinikmati dengan kuah panas maupun dingin dilengkapi pilihan kuah zaru, kake, tempura, kitsune, tororo dan kuahnya berwarna kehitaman.


BACA JUGA : 10 Rekomendasi Penginapan Murah di Jepang yang Instagramable!


Udon

Passpod, Liburan ke Jepag, Perbedaan Ramen Udon Soba, Ramen, Udon, Soba

Source : thespruceeats

Udon merupakan mie yang paling mudah di bedakan dilihat dari teksturnya. Mi yang satu ini memiliki ukuran yang lebih besar yaitu 4-6 mm dengan tekstur yang kenyal. Udon sendiri terbuat dari bahan baku tepung terigu yang sama seperti ramen. Namun bentuknya tebal dan berwarna putih. Sama seperti Soba, udon dapat disajikan dengan kuah panas maupun dingin dan pilihan kuahnya ada kitsune, nabeyaki, kari dan yaki.

Gimana? sudah sedikit tercerahkan perbedaan dari ramen, soba dan udon? Kalo mau lebih tau lagi perbedaannya minpod saranin kamu cobain ketiganya langsung ya, karena akan terlihat jelas sekali perbedaan dari mi tersebut. Nah kalo kamu liburan ke jepang, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk coba ketiga mi tersebut ya ramen, soba dan udon. Kira-kira kamu paling suka yang mana nih?

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *