Warnai Cinta & Kebudayaan India di Perayaan Festival Holi 2019!

Passpod, Holi Festival India, Holi, Holi Festival, India

Hai Sobat Passpod! <3

Kamu tau gak sih? Perayaan Festival Holi di India merupakan salah satu kebudayaan India yang dikenal secara internasional loh! Festival Holi ini menjadi momen yang kece banget hingga dijadikan bagian pada iklan, film hingga video klip musik. Brand ternama seperti Canon dan Nikon pun menjadikan Festival Holi sebagai momen yang pas untuk menunjukan kualitas produk mereka melalui iklannya. Gak hanya itu, kalian juga pasti tau kan video klip Hymn For The Weekend-nya Coldplay? keindahan festival cinta dan kebudayaan India ini pun tergambarkan disana. Wisatawan dari berbagai penjuru dunia pun banyak yang bela-belain ke India untuk ikut serta bernyanyi, menari, hingga menebarkan serbuk dan air berwarna selama perayaan Festival Holi bersama masyarakat disana. Penasaran gak sih sama Festival Holi di India? Spesial buat kamu, Passpod rangkum ya informasi terkait festival yang populer di India ini. So, check this out!

Apa sih Festival Holi India itu?

Passpod, Holi Festival India, Holi Festival, India
ibntimes

Holi Festival yang dikenal juga sebagai “Festival Warna” merupakan salah satu perayaan yang menjadi kebudayaan di India. Festival ini identik banget dengan percikan serbuk warna-warni yang di lemparkan satu sama lain. Tujuan perayaan Holi ini awalnya merupakan festival bagi umat agama Hindu sebagai tanda dimulainya musim semi. Festival ini diadakan untuk menyambut kebahagiaan dan pengharapan kebaikan saat datangnya musim semi untuk hasil panen yang baik serta tanah yang subur. Selain itu, festival ini pun merupakan perayaan umat agama hindu di India memohon para dewa untuk kemudahan hidup di tahun kedepannya. Dengan menebarkan air dan serbuk warna, jelas aja bikin kecantikan festival ini menjadi momen yang dinanti tidak hanya bagi orang india saja, tapi juga para wisatawannya ya:)

Pada perayaan Festival Holi ini, masyarakat akan berkumpul dan mengenakan pakaian berwarna putih. Selanjutnya masing-masing dari mereka akan memegang bubuk warna mulai dari warna biru, hijau, ungu, oranye dan warna lainnya. Festival warna dilakukan dengan cara dioles, dilempar, bahkan ada yang menggunakan pistol air untuk membuat perayaan lebih meriah. Festival Holi ini ternyata tidak hanya ada di negara India, melainkan juga terdapat di negara Nepal, Bangladesh dan negara-negara lain yang memiliki penduduk yang beragama Hindu.

Sejarah Festival Holi India

Passpod, Holi Festival, Holi Festival India, India
Source : India Times

Festival Holi ini telah berlangsung selama ratusan tahun lamanya guys. Perayaan Holi terdapat pada puisi yang dibuat di abad ke-4 hingga ada pada naskah drama sanskerta di abad ke-7 dengan judul “Ratnavali” oleh kaisar Harsha.

“Saksikan keindahan festival cinta penuh dengan rasa ingin tahu dimana para penduduk kota berdansa diiringi percikan air berwarna kecoklatan. Semuanya berwarna kuning kemerah-merahan dan diselimuti oleh serbuk wangi yang ditiupkan ke seluruh penjuru” ujar kaisar Harsha pada naskah drama “Ratnavali”

Tradisi Holi ini diyakini berasal dari legenda Holika yang merupakan iblis perempuan yang merupakan saudara raja Hiranyakashayap. Dimana Holika dan Raja Hiranyakashayap merencanakan pembunuhan Prahland yang lebih memilih untuk mengikuti Dewa Wishnu. Prahland pun dilindungi oleh Dewa Wishnu, Holika dan Raja Hiranyakashayap pun tewas.  Inti dari legenda ini adalah kejahatan akan kalah dengan kebaikan. Kremasi Holika ini pun di reka ulang dengan menyalakan api unggun satu malah sebelum perayaan Holi yang disebut sebagai Holika Dahan. Umat agama Hindu mengumpulkan abu tersebut dan mengusapkannya pada tubuh sebagai tanda suci. Sehingga Festival Holi juga dikenal sebagai Festival “kemenangan dari kebaikan melawan kejahatan”

Passpod, Holi Festival India, India
source : idntimes

Saat perayaan Holi, berlangsung Rangwali Holi yang dikenal dengan festival warna dimana satu sama lain saling melemparkan serbuk warna-warni. Tradisi ini awalnya diyakini bermula dari kisah Krishna dan Radha. Dimana Krishna, yang merupakan dewa agama Hindu mengeluhkan kulitnya yang berwarna biru pada ibunya, sedangkan kulit Radha berwarna terang. Demi meredakan kesedihan Dewa Krishna, Sang Ibu menyarankan beliau mewarnal kulit Radha dengan cat. Hal ini yang kemudian menjadikan tradisi serbuk warna-warni di lemparkan ke orang-orang tercinta pada perayaan Holi.

Festival Holi saat ini tidak hanya dirayakan oleh umat agama Hindu saja, namun juga merupakan perayaan bagi seluruh masyarakat India. Cinta dan Kebersamaan pada kebudayaan ini terasa sekali pada perayaan Holi karena seluruh lapisan masyarakat ikut terlibat tanpa adanya kasta dan sekat masyarakat di India.

Kapan sih Festival Holi di India?

Passpod, Holi Festival India, Holi, Holi Festival, India
Source : studentuniverse

Kamu tertarik untuk mengunjungi Festival Holi di India? Kamu bisa mengunjungi India pada bulan maret tepat saat awal musim semi. Festival ini dirayakan menyambut musim semi pada akhir musim dingin yang diperkirakan ada pada akhir bulan februari hingga pertengahan bulan maret. Untuk tahun ini, perayaan Festival Holi 2019 berlangsung pada 21 Maret 2019 dan Holika Dahan pada 20 Maret 2019. Wah siapa nih yang mau liburan ke India? Jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi Festival ini ya buat kamu yang berencana ke India!

Dimana aja sih tempat terbaik perayaan Festival Holi?

Untuk tempat terbaik perayaan Festival Holi, kamu bisa mengunjungi pusat perayaan festival ini. Terdapat beberapa kota yang merupakan pusat perayaan Festival Holi salah satunya kota Varansi di Uttar Pradesh, India bagian utara. Atau kamu pun bisa mengunjungi Mumbai, New Delhi, Jaipur, atau Virdavan dan bagian India lainnya. Kamu pun bisa mengunjungi perayaan Festival Holi yang ada di negara Nepal, Bangladesh dan negara lainnya yang berpenduduk agama hindu. Nah ada tips nih untuk kamu yang berencana untuk mengunjungi festival ini di Mumbai dan New Delhi. Waktu terbaiknya ada pada pukul 20:55 – 21:11 di Mumbai, dan 20:52 – 24:30 di New Delhi.

Passpod, Holi Festival India, Holi, Holi Festival, India
Source : 123rf

Nah gimana guys? Udah gak penasaran lagi kan dengan festival populer di India ini? Jadi mau kesana yaaa untuk ikut merayakan festival warna ini. Ehiya untuk kamu yang berencana untuk ke Festival Holi ini, jangan lupa update foto-foto kece mu selama disana ya. Jangan khawatir gaada koneksi internet saat disana, selama ada Passpod kebutuhan internet di luar negeri bisa teratasi kok. Kepoin disini! Segitu dulu ya #CeritaPasspod kali ini guys. Sampai ketemu di post selanjutnya. See ya!!!

 

 

Leave a Reply