LOADING

Type to search

Uncategorized

Bak Negeri Dongeng, Festival-Festival Thailand Ini Ibarat Film Tangled Di Dunia Nyata!

Share
Loy krathong festival thailand, passpod, lampion

Sawadee Sobat Passpod!

Bulan November menjadi bulan yang ditunggu-tunggu nih oleh masyarakat Thailand. Loh, emang ada apaan sih? Pada penasaran kan? Yep! Festival Loy Krathong dan Festival Yee Peng jawabannya!

Kedua festival di Thailand ini udah sering banget jadi bahan perbincangan warganet karena keindahannya dan gak jarang sering dibilang mirip dengan salah satu adegan film Disney, Tangled loh!

disney, tangled, loy krathong, festival, passpod, thailand.

Disney’s Tangled

Wah, makin penasaran dong seindah apa sih festival-festival tersebut…

Festival Loy Krathong merupakan perayaan tahunan yang biasa dirayakan saat bulan purnama pada bulan ke-12 kalender tradisional Thailand. Makna dari kata “Loy” sendiri yaitu mengambang dan “Krathong” berarti perahu kecil atau wadah yang terbuat dari batang pohon pisang. Di dalam Krathong tersebut biasanya diisi oleh bunga, lilin, dan tiga batang dupa yang menyala sebelum diletakkan di atas air. Selain 3 hal tersebut, Krathong tak jarang diisi dengan uang, pinang, sedikit rambut, dan potongan kuku.

Festival loy krathong, yee Peng, Thailand, Passpod, Lampion.

Festival Loy Krathong Thailand

Benda-benda yang dimasukkan dalam Krathong juga tidak asal-asalan loh Sobat! Semua hal-hal tersebut punya makna tersendiri. Contohnya dupa dan lilin dipercaya dapat mengusir roh jahat, koin melambangkan kemakmuran dan untuk menyenangkan dewa-dewa air, pinang sebagai makanan persembahan kepada para dewa, sedangkan seikat rambut dan kuku bermakna untuk mengusir nasib buruk dan penyakit.

Terus, tempat yang tepat untuk ikutan merayakan Loy Krathong dimana dong? Nah, untuk tempat perayaan Loy Krathong terbesar yaitu di Ayutthaya, tepatnya di Vihara Wat Phananchoeng Worawihan. Tempat ini agak di pinggir Ayutthaya, tepat di samping Sungai Chao Phraya yang nantinya mengalir ke Kota Bangkok.

Nah, kalau Loy Krathong menghanyutkan kesialan dan menyampaikan doa melalui air, berbeda dengan Yee Peng yang menggunakan media lampion untuk diterbangkan di udara. Festival Yee Peng setiap tahun dirayakan di Chiang Mai (Salah satu ibukota bagian Timur Thailand). Gak jauh berbeda seperti Loy Krathong, Yee Peng dirayakan pada bulan ke-12 kalender tradisional Th ailand. Meskipun tidak ada tanggal tepat tiap tahunnya, Festival ini biasanya diadakan 3 hari sebelum atau sesudah Loy Krathong.

Kata Yee sendiri dalam bahasa Thailand berarti “dua” dan Peng berarti “Hari bulan penuh” yang megacu pada bulan purnama. Pada festival ini, beribu-ribu lampion akan diterbangkan dengan cara bekerja sama saling membantu untuk membuat lampion dapat dikerjakan dengan sukses. Oh ya, di festival ini gak hanya dirayakan oleh warga lokal aja loh! Tapi juga banyak turis mancanegara yang datang berkunjung dan ikut dalam memeriahkan festival ini.

Yee Peng Festival, Chiang Mai, Thailand, Passpod.

Photo by: Black Tomato

Banyaknya lampion yang diterbangkan di udara, membuat pemandangan festival ini menjadi salah satu terindah di dunia! Makna dari festival ini juga sama religius seperti Loy Krathong, yaitu menghilangkan nasib buruk dan membiarkan kemalangan pergi ke udara hingga lampion-lampion tersebut menghilang dari pandangan.

Selain keindahannya, Festival-festival ini menjadi momen hangat untuk berkumpul bersama orang-orang terkasih seperti keluarga atau kerabat dekat dan momen ini menjadi super romantis buat kamu yang merayakannya bersama sang kekasih. Wih, so sweet!

Pada tahun ini, Loy Krathong dan Yee Peng akan dirayakan di hari yang sama pada tanggal 23 November besok. Fastival Loy Krathong akan dimulai pada tanggal 21 November 2018 dan berakhir pada tanggal 24 November 2018.

Gimana nih Sobat, udah sejauh mana persiapan liburanmu di akhir tahun ini?

Jangan sampe deh momen-momen terbaik yang belum tentu bisa kamu ulangi tidak terekam di dunia maya, pastikan kamu tetap terhubung dengan internet di luar negeri. Bisa beli sim card di bandara atau menyewa modem Wifi di Indonesia. Karena Passpod sangat tidak menyarankan kamu untuk bergantung dengan wifi di Thailang, dikarenakan belum banyaknya spot wifi gratis yang disediakan. Ribet beli sim card dan registrasi pake paspor ? Tenang! Kamu bisa menyewa modem Wifi di sini!!!

Baca Juga: “Sewa Modem Wifi VS Beli Sim Card di Luar Negeri. Lebih Hemat Yang Mana??!”

Baiklah, saatnya pamit dulu!

See ya on the next post Sobat!

 

1 Comment

  1. NOVIAN January 17, 2019

    Iya ya, mirip banget. Keren juga sih

    Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *