Hawaii - What you need to know before you go – Go GuidesSiapa sih yang menolak jika ditawarkan untuk liburan ke Hawaii? Yup, Hawaii, negara bagian Amerika Serikat yang kerap menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara. Pantai-pantai yang eksotis, hutan hujan yang hijau nan asri, serta gunung berapi yang megah merupakan beberapa daya tarik Hawaii yang tak pernah gagal membuat para wisatawan terkagum-kagum! Selain memiliki daya tarik di bidang pariwisata, Hawaii juga memiliki beragam kuliner khas yang menggugah selera, lho.

Penasaran seperti apa makanan khas Hawaii, berikut ulasannya!

Poke

Trend Poke Bowl di Indonesia, kuliner Hawaii yang sehat & enak - Hubstler

pic : hubstler

Poke adalah makanan khas Hawaii yang paling populer. Hidangan yang satu ini merupakan salad seafood yang sudah menjadi makanan tradisional masyarakat Hawaii. Lapisan paling dasar adalah nasi (beras sushi atau beras jasmin). Lalu lapisan di atasnya adalah lauk, seperti ikan tuna, salmon, cumi-cumi, dan sayuran. Setelah itu disiram saus.

Loco Moco

Loco Moco Recipe - NYT Cooking

pic : nytimes

Loco moco merupakan sajian dari Hawaii yang terdiri dari nasi, patty burger, telur, dengan siraman saus daging yang disebut sebagai gravy. Rasa loco moco sangat lezat dan bisa mengenyangkan perut karena porsinya yang pas! Ada banyak variasi, tapi loco moco yang disajikan tradisional terdiri dari nasi putih, di atasnya ditumpuk daging hamburger, telur goreng, dan saus coklat.

Pipi Kaula

Hawaiian Beef Jerky (Pipikaula) : r/smoking

pic : reddit

Makanan satu ini terbuat dari potongan daging sapi yang diolah dengan cara digoreng, dikukus, atau dipanggang.

Sekilas bentuknya memang cukup mirip dengan hidangan dendeng dari Sumatera Barat. Hanya saja, warnanya tak segelap dendeng. Cocok banget nih jika dimakan bersama nasi putih. Yummy ^^

Lomi Salmon

Lomi-Lomi Salmon & Avocado Salad

pic : irenamcri

Lomi Salmon adalah salah satu makanan yang tertua di Hawaii, ditemukan sekitar akhir tahun 1700-an. Lomi Salmon tersusun dari potongan salmon fillet yang dipotong berbentuk dadu kecil. Santapan ini sangat enak disajikan dingin, seperti halnya salad udang atau seafood. tertarik untuk mencoba?

Acai Bowls

BEST Acai Bowl Recipe (with Tips!) | Downshiftology

pic : downfishtology

Acai bowl adalah sejenis smoothie bowl yang terbuat dari buah acai yang merupakan buah berry lalu di bagian atas diberi aneka topping buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Rasanya manis dan asam, seger banget nih untuk dimakan saat sarapan, Sob! Penjual Acai Bowls berjajar sepanjang jalan di Hawaii sehingga sangat mudah ditemukan.

Haupia

Haupia Coconut Pudding Recipe

pic : vegetariantips

Haupia adalah puding berbentuk persegi panjang atau kotak. Terbuat dari kelapa muda segar dengan tekstur lembut, makanan ini sangat klop dengan karakteristik pantai di Hawai. Bahannya juga mudah, terdiri dari santan, susu, vanila, gula, serta maizena untuk mengentalkan hidangan. Bila adonan sudah jadi, Sobat bisa sajikan haupia klasik ini bersama parutan kelapa panggang.

Chicken Longrice

Chicken Long Rice Japchae | Primal Palate | Paleo Recipes

pic : primalpalate

Chicken long rice merupakan makanan khas Hawaii yang memiliki pengaruh dari kuliner Cina sekitar tahun 1800-an. Hidangan ini dibuat dari gabungan antara mie bihun, paha ayam, daun bawang dan jahe yang diberi kuah kaldu ayam yang bening. Wah, akan menjadi comfort food untuk semua orang nih!

Hawaian Pancake

Pancake di Hawaii agak berbeda ya Sob karena menggunakan topping buah-buahan tropis seperti nanas, kelapa dan lain sebagainya. Wih, ngiler ya? Jangan sedih Sob, Pancake dengan buah-buahan tropis bisa Sobat dapatkan di berbagai gerai di Indonesia kok atau mau buat sendiri di rumah? Bisa banget, karena di Indonesia tentu nggak susah ya buat nemuin buah tropis. 

By MinPod

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *