LOADING

Type to search

Travel Tips

7 Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Naik Pesawat!

Share
Passpod

Tentunya bagi kamu yang menyukai kegiatan traveling apalagi keluar negeri, pesawat tentunya menjadi transportasi yang sering kamu gunakan ya. Tapi tau gak sih?Ternyata ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum dan saat kamu naik pesawat loh. Seringkali hal-hal ini justru merupakan hal yang mungkin akan kamu anggap biasa saja. Namun ternyata mempunyai pengaruh bahkan bahaya bagi dirimu sebagai penumpang di pesawat. Jadi ada beberapa hal yang baiknya tidak kamu lakukan sebelum dan saat naik pesawat. Wah apa saja ya? Spesial buat kamu, minpod rangkum nih 7 Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Naik Pesawat! Jadi kamu bisa tau lebih dulu nih sebelum naik pesawat.

Matikan Handphone di pesawat

Passpod, Hal yang penting sebelum naik pesawat, pesawat, gak boleh minum kopi sebelum naik pesawat, larangan di pesawat, jangan lakukan ini di pesawat

Source : lonelyplanetwpnews

Lebih tepatnya kamu dianjurkan untuk mematikan jaringan data ponselmu. Hal tersebut dilakukan agar tidak menggaggu jaringan yang digunakan pilot dalam menerbangkan pesawat. Nah meskipun hal ini masih menjadi hal yang penuh dengan pro dan kontra untuk memantikan hp bagi sebagian orang. Namun tidak ada salahnya kan kamu berjaga-jaga untuk keselamatan bersama? Pelanggaran penggunaan perangkat telepon bahkan ada pada undang-undangn di beberapa negara kok. Kalo kamu ingin tetap menggunakan ponsel di pesawat misalnya untuk foto atau mendengarkan lagu, baiknya dalam keadaan airplane mode ya 😉

Jaga kebersihan 

Passpod, Hal yang penting sebelum naik pesawat, pesawat, gak boleh minum kopi sebelum naik pesawat, larangan di pesawat, jangan lakukan ini di pesawat

Source : kataindonesia

Tanpa kamu sadari, barang-barang yang ada di pesawat belum tentu 100% bersih loh! Pastinya awak pesawat telah membersihkan cabin sebelum penumpang naik, namun tidak menutup kemungkinan masih ada kotoran/debu karena cabin pesawat sendiri ialah ruangan tertutup. Ada baiknya kamu menjaga kebersihan dengan tidak terlalu sering menyentuh benda di pesawat dan siapkan hand sanitizer.

Jangan Minum Alkohol & Minuman Soda sebelum naik pesawat 

Passpod, Hal yang penting sebelum naik pesawat, pesawat, gak boleh minum kopi sebelum naik pesawat, larangan di pesawat, jangan lakukan ini di pesawat

Source : hellosehat

Wah 2 minuman ini harus kamu hindari sih sebelum kamu naik pesawat. Sebaiknya kamu bisa menunda dulu untuk meminum Alkohol bahkan soda. Alasan kamu tidak disarankan meminum alkohol sebelum naik pesawat selain dapat membuat kamu mabuk ialah, Alkohol membuat badan menjadi lemah dan lesu karena udara di dalam darah menjadi berkurang. Nah ditambah lagi udara yang ada di kabin pun  pesawat cenderung bersifat kering, sehingga tubuh bisa mengalami dehidrasi. Kamu juga tidak disarankan untuk minum soda sebelum menaikin pesawat, apalagi untuk pesawat dengan rute perjalanan yang lama karena dapat membuat perutmu kembung.


Baca Juga: “Pertama Kali Naik Pesawat? Ada Tips Penting Nih Buat Kamu!”


Pebedaan tekanan udara

Pasti kamu sudah tidak asing akan hal yang satu ini. Seringkali kamu mengalami telinga yang terasa sakit. Jangan tutup telingamu ya! Kamu bisa meredakannya dengan menelan atau mengunyah sesuatu seperti permen karet atau membuka dan menutup mulut untuk beberapa saat. Kamu juga bisa mencoba teknik equalizing, dengan menutup mulut dan hidung, kemudian keluarkan udara dari telinga. Namun cara ini tidak bekerja dengan baik kalo kamu sedang pilek dan mengalami hidung tersumbat.

Passpod, Hal yang penting sebelum naik pesawat, pesawat, gak boleh minum kopi sebelum naik pesawat, larangan di pesawat, jangan lakukan ini di pesawat

Source : detikhealth

Pilek dan hidung tersumbat membuat tekanan lebih tinggi ke telinga saat berada di pesawat. Pasti akan terasa tidak nyaman ya. Maka sebisa mungkin jaga kesehatanmu sebelum naik pesawat yaaa terutama untuk pilek dan hidung mampet.

Jangan duduk terlalu lama 

Passpod, Hal yang penting sebelum naik pesawat, pesawat, gak boleh minum kopi sebelum naik pesawat, larangan di pesawat, jangan lakukan ini di pesawat

Source : Klikdokter

Untuk kamu yang naik pesawat dengan rute perjalanan yang lama, kamu pasti akan merasa pegal duduk terlalu lama. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa bergerak saat di pesawat ialah dengan jalan-jalan di kabin (tentunya dalam kondisi boleh lepas seat belt), lepas sepatu saat penerbangan atau kamu bisa olahraga kecil saat duduk di pesawat. Semoga bisa mengurangi rasa pegalmu saat duduk lama di pesawat yaaa.

Jangan minum kopi sebelum naik pesawat

Passpod, Hal yang penting sebelum naik pesawat, pesawat, gak boleh minum kopi sebelum naik pesawat, larangan di pesawat, jangan lakukan ini di pesawat

Source : godiscover

Ada satu minuman lagi nih yang ternyata baiknya gak kamu konsumsi sebelum naik pesawat. Hampir sama dengan alkohol, ternyata kopi juga bisa membuat tubuhmu kehilangan cairan. Selain itu, kopi juga bisa membuat perutmu sakit atau kamu merasa pusing saat di pesawat dengan udara di kabin yang relatif dingin dan kering. Kopi pun dapat memicu rasa gelisah dan membuatmu tidak merasa ngantuk dan membuatmu kurang istirahat. Jadi sebaiknya minum kopi setelah kamu tiba di negara tujuan aja ya?:p

Tidak menggunakan Kontak Lens

Passpod, Hal yang penting sebelum naik pesawat, pesawat, gak boleh minum kopi sebelum naik pesawat, larangan di pesawat, jangan lakukan ini di pesawat

Source : hello sehat

Mungkin masih ada beberapa orang yang tidak memperhatikan hal ini. Sebaiknya kamu tidak menggunakan kontak lens saat di pesawat, karena mata akan lebih mudah kering saat menggunakan kontak lens. Terlebih udara di kabin pesawat cenderung kering dan belum tentu bersih. Hal tersebut dapat membuat mata mu tidak nyaman. Namun apabila kamu diharuskan menggunakan kontak lens, ada baiknya sediakan cairan tetes mata pada tas mu untuk mencegah mata kamu agar tidak kering. Pastikan cairan yang kamu bawa sesuai dengan peraturan penerbangan yaaa. Mending pakai kaca mata dulu deh hehe.

Gimana? Adakah hal-hal baru yang kamu ketahui tentang hal yang harus kamu perhatikan saat naik pesawat? Semoga menambah info untuk kamu yaa #SobatPasspod. Tentunya agar liburanmu berjalan lancar dan menyenangkan yaaaa. Siapkan barang-barang penting untuk kamu travelin yaaaa, kalo bingung harus bawa apa aja saat traveling, coba cek website Passpod deh sekarang! Siapatau bisa bikin kamu terinspirasi untuk segera berlibur :p

 

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *