5 Tradisi Valentines Unik di Luar Negeri yang Wajib Kamu Tau!

Passpod, Valentines

Hai #SobatPasspod!

Kamu tau gak sih, “Valentines Day” yang diadakan tanggal 14 Februari tiap tahunnya, rupanya tidak selalu dirayakan dengan pemberian bunga dan cokelat di semua negara lho. Di #CeritaPasspod kali ini, mari kita intip langsung yuk tradisi-tradisi unik yang dilakukan saat Hari Valentines di Korea, Jepang,  Cina dan Denmark. Siapa tahu, hal yang dirangkum Passpod kali ini bisa kalian lakukan dengan si doi Valentines ini.

Asal Usul Valentines Day

Source: freestocks.org

Konon, perayaan yang disebut sebagai “hari kasih sayang” ini berasal dari seorang imam yang bernama Valentine di abad ke-3 romawi. Disaat kaisar Claudius II melarang pria muda menikah, sosok Valentine inilah yang sering melakukan pernikahan bagi para kekasih muda secara diam-diam. Tindakan ini akhirnya terungkap, sehingga Valentine harus menjalani hukuman mati dan sekarang dikenal sebagai St. Valentine. Valentines yang umumnya dirayakan para kekasih dengan pemberian bunga dan cokelat, tampaknya dirayakan dengan cara yang unik di 5 negara ini, kita kepoin lebih lanjut yuk!

Korea & Jepang

Berbeda dari tradisi barat maupun Indonesia, perempuanlah yang memberikan hadiah kepada sang kekasih pria pada tanggal 14 Februari di Korea. Faktanya, tradisi ini sebenarnya dimulai di Jepang. Sebulan setelah Valentines adalah “White Day”, dimana kekasih pria bisa membalas hadiah atau surprise yang telah mereka terima saat hari Valentines. Lalu sebulan setelah White Day tanggal 14 April, para kaum single mempunyai tradisi memakan hidangan “jajangmyeon” yaitu hindangan mie saos hitam khas Korea sambil meratapi status lajang mereka masing-masing.

Source: Pauline Mae De Leon

Yuk intip beberapa aktifitas yang bisa kamu coba untuk kencan romantis dengan pasanganmu di Korea seperti Seoul City Tour with Bulgogi Cooking Lesson, mengenakan Hanbok keliling Seoul maupun menikmati wahana yang ada di Everland.

Cina

Hari Valentines di Cina mempunyai asal-usul yang berbeda dan disebut “Qixi” yang pada tanggal 14 Februari, seminggu setelah Tahun Baru Imlek.Kisah Qixi bercerita tentang seorang putri raja kayangan yang bernama Zhinu yang menikah dengan seorang penggembala sapi dan mempunyai dua anak kembar. Kesedihan dari perpisahan Zhinu dengan suami dan anaknya pun membuat sang raja kasihan, sehingga memperbolehkan mereka untuk bertemuan tiap tahunnya pada hari Qixi.

Source: Athena Lam

Bayak pasangan mempunyai tradisi untuk pergi ke kuil untuk berdoa untuk kebahagiaan dan kesejahteraan dan para perempuan lajang mempersembahkan melon dan buah-buahan kepada Zhinu dengan harapan agar mendapatkan suami yang baik. Buat kalian yang berencana untuk berpergian ke Cina untuk melihat langsung tradisi unik ini, jangan lewatkan Promo Passpod yang satu ini ya.

Baca Juga: “Lakukan 5 Hal Ini dengan Pasangan, Dijamin Hubungan-mu Makin Mesra!

Perancis

Ternyata, kartu Valentines pertama itu berasal dari negara di benua Eropa yang satu ini lho. Tradisi pengiriman kartu valentines yang sering dilakukan berawal dari Pangeran Orleans yang bernama Charles yang mengirim surat cinta kepada istrinya  saat dipenjara pada tahun 1415. Terdapat juga desa di perancis yang bernama “Valentine” yang berubah menjadi pusat romansa pada tanggal 12 – 14 February setiap tahunnya dalam rangka Valentine. Dalam jangka waktu 3 hari ini, rumah sepanjang jalan desa St. Valentine dipenuhi dengan hiasan kartu valentines dan mawar-mawar hingga dikatakan sebagai salah satu tradisi Valentine terindah di dunia.

Source: Andrea Maschio

Selain desa cinta ini, ibu kota Perancis yaitu Paris juga merupakan ‘kota paling romantis di dunia’ yang menjadi destinasi impian banyak pasangan. Jika kamu dan pasanganmu ingin berwisata ke Paris, manfaatkan kesempatanmu untuk melihat keindahan kota Paris dengan Versailles Helicopter Tour from Paris ya. Untuk jarak yang lebih terjangkau, Cable Car di Singapore atau Ngong Ping 360 Sky-Land-Sea Day Pass di Hongkong bisa menjadi alternatif lain bagi kalian. Jangan lewatkan tawaran Package Wifi terjangkau di Singapore dan Hongkong ini juga ya.

Denmark

Disamping bunga mawar dan cokelat, para sahabat dan pasangan-pasangan di Denmark suka saling bertukaran kartu buatan tangan dengan bunga jenis Snowdrop yang ditekan di kartu pada di hari kasih sayang ini. Unik banget kan Sobat Passpod?

Source: Farsai Chaikulngamdee

Jadi, udah tau kan cara dan budaya unik merayakan Valentines di berbagai macam negara  yang berbeda ini kan? Kira-kira apa nih yang akan kalian lakukan dengan pasangan kalian di hari Valentines ini? Apapun itu, jangan lupa manfaatkan momen ini untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang kesayanganmu ya.  Buat kamu yang ingin tahu informasi lebih lanjut tentang promo Passpod lainnya, klik disini ya. Segitu dulu ya #CeritaPasspod kali ini. Sampai bertemu di post selanjutnya!

Leave a Reply